Azerbaijan dan Armenia Mulai Bertukar Tahanan Perang

Kompas.com - 15/12/2020, 09:30 WIB
Cuplikan video yang dirilis Kementerian Pertahanan Azerbaijan pada Sabtu (3/10/2020), menunjukkan tentara Azerbaijan berbaris di pangkalan militer sebelum terjun ke medan perang di Nagorno-Karabakh. KEMENTERIAN PERTAHANAN AZERBAIJAN via APCuplikan video yang dirilis Kementerian Pertahanan Azerbaijan pada Sabtu (3/10/2020), menunjukkan tentara Azerbaijan berbaris di pangkalan militer sebelum terjun ke medan perang di Nagorno-Karabakh.

BAKU, KOMPAS.com - Azerbaijan dan Armenia pada Senin (14/12/2020) mengumumkan dimulainya pertukaran tahanan perang.

Pertukaran tahanan itu dimulai lebih dari sebulan setelah ditandatanganinya kesepakatan damai, yang mengakhiri perang Azerbaijan- Armenia di wilayah sengketa Nagorno-Karabakh.

Sejumlah tahanan mulai dilepas untuk kembali ke negaranya masing-masing kemarin.

Baca juga: Azerbaijan-Armenia Adu Tembak Lagi di Nagorno-Karabakh, 4 Tentara Tewas

Komisi Azerbaijan untuk Tahanan Perang, Sandera, dan Orang Hilang mengatakan, berdasarkan kesepakatan pertukaran tahanan dan sandera ini atas dasar semua untuk semua.

Dikutip Kompas.com dari AFP, komisi itu menambahkan bahwa organisasi internasional dan komando pasukan penjaga perdamaian (peacekeepers) Rusia ikut membantu menuntaskan kesepakatan dengan Armenia.

Senin malam Perdana Menteri Armenia Nikol Pashinyan mengumumkan kembalinya beberapa tentara negaranya yang ditangkap musuh.

Baca juga: [KALEIDOSKOP 2020] Perang Armenia-Azerbaijan di Nagorno-Karabakh dan Senjata yang Dipakai

"44 tawanan perang kami akan segera pulang ke Armenia dengan pesawat Rusia," tulis Pashinyan di Facebook.

Halaman:

Sumber AFP
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X