Polisi Peru Temukan Terowongan Ke Penjara, Diduga Dibuat Kartel El Chapo

Kompas.com - 12/12/2020, 07:36 WIB
Pihak berwenang Peru mengungkap terowongan sepanjang 180 yang dibiayai oleh kartel lama El Chapo STRPihak berwenang Peru mengungkap terowongan sepanjang 180 yang dibiayai oleh kartel lama El Chapo

LIMA, KOMPAS.com - Pihak berwenang di Peru menemukan terowongan bawah tanah yang sebagian dibangun untuk membantu pelarian sekelompok penyelundup narkoba dari penjara.

Melansir Daily Mail pada Kamis (10/12/2020), Polisi Nasional Peru mengatakan pembangunan terowongan itu dibiayai oleh Kartel Sinaloa, organisasi kriminal transnasional Meksiko yang dipimpin Joaquín "El Chapo" Guzmán.

Pembangunan dimulai sekitar satu setengah tahun yang lalu setelah seorang warga Kolombia menyewa properti yang terletak hanya beberapa ratus kaki dari penjara.

Jalan rahasia ini ditemukan di dekat Penjara Miguel Castro Castro di distrik San Juan de Lurigancho, Lima pada Senin (7/12/2020).

Baca juga: Dijuluki El Chapo Baru, Pria Ini Pimpin Kartel Narkoba Meksiko yang Dikenal Brutal

Jaringan berita Peru America Noticias melaporkan, pengedar narkoba Serbia Zoran Jaksic dan seorang pria Meksiko yang dipenjara karena perdagangan narkoba telah menandatangani rencana untuk membangun terowongan.

Temuan awal mengungkapkan, kartel memekerjakan antara empat hingga enam orang untuk membangun terowongan sepanjang 590 kaki (180 meter) di kedalaman 33 kaki (10 meter). Terowongan ini diarahkan menuju ke area kafetaria penjara.

Penduduk sekitar mengatakan kepada pihak berwenang bahwa pekerjaan konstruksi umumnya dilakukan di malam hari.

Mereka sering melihat truk pengangkut keluar masuk properti itu untuk membawa puing-puing berlebih yang telah dibersihkan dari bawah tanah.

Dalam foto yang diambil pada 8 Januari 2016 ini terlihat gembong narkoba Joaquin El Chapo Guzman digiring menuju sebuah helikopter di sebuah bandara di Mexico City setelah militer menangkapnya di Los Mochis, negara bagian Sinaloa setelah sempat kabur dari penjara.AFP/ALFREDO ESTRELLA Dalam foto yang diambil pada 8 Januari 2016 ini terlihat gembong narkoba Joaquin El Chapo Guzman digiring menuju sebuah helikopter di sebuah bandara di Mexico City setelah militer menangkapnya di Los Mochis, negara bagian Sinaloa setelah sempat kabur dari penjara.

Baca juga: Kartel Narkoba Ini Diyakini Sudah Mengalahkan Kelompok Sinaloa Pimpinan El Chapo

"Saya telah menyelidiki seluruh terowongan, panjangnya kira-kira 180 meter (590 kaki). Lalu terpecah ke kiri 130 meter (426 kaki)," kata Jenderal Komando Polisi Nasional Peru Cesar Cervantes.

"Kami harus menggunakan ekskavator untuk mengonfirmasi rute. Kami juga telah menemukan beberapa bukti dari apa yang telah mereka kerjakan.”

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X