Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kartel Narkoba Ini Diyakini Sudah Mengalahkan Kelompok Sinaloa Pimpinan El Chapo

Kompas.com - 14/09/2020, 19:16 WIB
Ardi Priyatno Utomo

Penulis

Sumber The Sun

MEXICO CITY, KOMPAS.com - Sebuah kartel narkoba di Meksiko diyakini sudah mengalahkan Sinaloa, kelompok yang dipimpin oleh Joaquin "El Chapo" Guzman.

Kartel Generasi Baru Jalisco (CJNG), nama organisasi itu, kini disebut sudah mengonsolidasikan kekuasaan di 35 wilayah dari Meksiko hingga Puerto Riko.

Organisasi kriminal itu disebut naik karena kekejaman mereka, antara lain memasukkan korbannya ke tong berisi cairan asam hingga menyasar perempuan hamil.

Baca juga: Video di Meksiko Tunjukkan Konvoi Pasukan Kartel Narkoba

Pemerintah Meksiko pun mengestimasi Kartel Generasi Baru Jalisco kini menguasai setidaknya sepertiga perdagangan narkoba ke AS.

Selain itu, kartel narkoba tersebut secara agresif menargetkan Eropa dan Asia di mana mereka juga menjalin hubungan dengan kelompok lain.

Naiknya CJNG terjadi setelah El Chapo ditangkap pasukan AS, dan kemudian ditahan di Penjara LDX Florence, berjuluk Alcatraz di Bebatuan, pada tahun lalu.

Kartel Sinaloa yang dipimpinnya untuk sementara diteruskan oleh sang anak dan sekutunya, Ismael Zambada yang dikenal sebagai El Mayo.

Tetapi Dr Robert J Bunker, Direktur Penelitian dan Analisa sekaligus C/O Futures di LLC mengatakan, kelompok Sinaloa kini di bawah bayang-bayang CJNG.

Kepada Daily Star, Bunker menjelaskan sejatinya pasukan "Negeri Sombrero" mempunyai kemampuan dan persenjataan lebih canggih dari kartel.

Baca juga: Kartel Narkoba Meksiko Rakit Kendaraan Lapis Baja dari Potongan Besi dan Kaca

Namun, mereka harus terus berjibaku melawan apa yang disebut "pemberontakan kriminal", dan juga fokus kepada dampak Covid-19 di seluruh negara.

Hal itu membuat CJNG, yang dipimpin Nemesio "El Mencho" Oseguera Cervantes, mengambil keuntungan dengan menjungkalkan rivalnya tersebut.

"Selama bertahun-tahun, saya melacak video propaganda mereka dan melihat mereka semakin canggih dalam pelatihan dan perlengkapannya," ujar dia.

Misalnya pada Juli lalu. Sebuah video menunjukkan puluhan pria bersenjata dan berseragam berdiri di belakang kendaraan lapis baja.

Mexico City mengemukakan, mereka tengah menyelidiki di mana para pria tersebut meneriakkan kalimat bahwa mereka "rakyat dari Mencho".

Dilansir The Sun Senin (14/9/2020), Bunker berujar bahwa video itu akurat, mengomentari kelompok yang berbasis di Tierra Caliente itu.

Baca juga: Brutal, Perempuan Pemimpin Kartel Paling Ditakuti di Meksiko Ini Ditangkap

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber The Sun
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com