Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Serangan Gerombolan Lebah Tunda 2 Penerbangan Pesawat di India

Kompas.com - 04/12/2020, 10:49 WIB
Shintaloka Pradita Sicca

Penulis

Sumber Mirror

KOLKATA, KOMPAS.com - Dua penerbangan di India ditunda setelah insiden langka terjadi di mana gerombolan lebah raksasa bersarang di pesawat penumpang.

Kawanan itu bersarang di dua pesawat Vistara Airlines yang diparkir di teluk yang sama di bandara Kolkata di India dalam selang waktu 16 jam.

Dalam kasus tersebut, dilaporkan penerbangan dari masing-masing pesawat penumpang itu terpaksa harus ditunda 1 jam untuk para kru mengusir gerombolan lebah dengan menggunakan semprotan air pemadam kebakaran.

Baca juga: Ganggu Sarang Lebah, Muka Nenek Ini Penuh dengan Sengatan

Rekaman video menunjukkan saat staf bandara menggunakan meriam air untuk membersihkan gerombolan lebah dari salah satu pesawat jet jumbo, seperti yang dilansir dari Mirror pada Kamis (3/12/2020). 

Foto-foto mengejutkan menunjukkan serangga yang menutupi bagian pesawat di bandara Benggala Barat India timur pada 29 November.

Lebah-lebah itu tampak berkumpul bersama dalam gerombolan yang padat sebelum sebuah pemadam kebakaran tiba untuk menyemprot serangga-serangga kecil itu.

Baca juga: Sarang Lebah Pembunuh Ditemukan, Departemen Pertanian Washington Turunkan Kru Pembasmi

Pesawat itu tiba di Kolkata sehari sebelumnya dan telah bermalam di bandara.

Namun, keesokan harinya sudah didapati kawanan lebah di pesawat sebelum para penumpang naik dan menyebabkan jadwal penerbangan ke Delhi ditunda.

Segera sebuah tim diterjunkan untuk menggeledah pesawat tersebut dan menyemprotkan insektisida di tempat-tempat di sekitar lebah itu terlihat, kata seorang pejabat bandara.

Baca juga: Concorde Telah Dihentikan Selama 20 Tahun, Kapan Penerbangan Supersonik Komersial Dimulai Kembali?

“Dalam beberapa menit, lakh lebah telah menetap di pesawat seolah-olah siap untuk membangun sarang. Air harus disemprotkan selama 30 menit untuk mengusirnya," kata seorang pejabat maskapai Vistara Airlines kepada Times of India.

"Penerbangan akhirnya lepas landas pada pukul 18.30 yang seharusnya pukul 17.30," tambahnya.

Baca juga: Penerbangan Pertama Selandia Baru-Australia Tanpa Karantina, Setelah Kasus Covid-1 Menyusut

Seorang staf berbagi pengelamannya yang mengejutkan di Twitter, ketika insiden serangan lebah terjadi lagi keesokan paginya. 

Dia mengunggah tweet, "Cuaca buruk. Kesalahan teknis. Pesawat yang datang terlambat. Hanya beberapa alasan penerbangan mungkin membuat penerbangan Anda tertunda..."

"Satu lagi untuk ditambahkan ke daftar, yaitu Segerombolan Lebah! Rekaman dari #KolkataAirport hari ini...Water Cannon harus digunakan untuk mengusir lebah!" terangnya.

Baca juga: Penerbangan Langsung UEA-Israel Akan Disepakati dalam Waktu Dekat

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com