76 Masjid di Perancis yang Diduga Promosikan Separatisme Terancam Ditutup

Kompas.com - 04/12/2020, 08:22 WIB
Ilustrasi masjid. SHUTTERSTOCKIlustrasi masjid.

PARIS, KOMPAS.com - Pemerintah Perancis mengancam akan menutup puluhan masjid yang diduga berpotensi mengancam keamanan negara, lapor RT News, Kamis (3/12/2020).

Menurut Menteri Dalam Negeri Gerald Darmanin pada Kamis (3/12/2020) sebanyak 76 masjid yang diduga mendorong separatisme akan ditutup.

Upaya tersebut adalah bagian dari kampanye agresif pemerintah Perancis untuk mencabut ekstremisme dari negeri itu.

Dalam wawancaranya dengan Radio RTL, Darmanin mengeklaim bahwa di beberapa wilayah terkonsentrasi di Perancis, ada beberapa masjid yang jelas-jelas anti-Republik.

Baca juga: Pengadilan Perancis Minta Rumah Ibadah Pertimbangkan Jumlah Jemaat di Tengah Virus Corona

Menurutnya, Badan Intelijen Perancis telah menyelidiki bagaimana para imam berdakwah yang ide-idenya bertentangan dengan nilai-nilai Perancis.

Darmanin menekankan bahwa meski teridentifikasi sebagai risiko potensial, 76 masjid itu hanyalah sebagian kecil dari 2.600 tempat ibadah Muslim di Perancis.

Darmanin juga mengatakan bahwa dalam beberapa hari ke depan akan dilakukan pengecekan terhadap 76 masjid tersebut. Dan jika dugaannya terbukti, dia akan menutup semua masjid tersebut.

Selain rencana penutupan itu, Darmanin juga telah mendeportasi 66 migran ilegal yang diduga teradikalisasi.

"Tindakan keras ini adalah bagian dari serangkaian tindakan pemerintah yang besar dan belum pernah terjadi sebelumnya, dimaksudkan untuk membatasi ekstremisme agama di Perancis," ujar Darmanin dikutip RT News.

Baca juga: Kasus Guru Samuel Paty Dipenggal, 4 Murid Perancis Disidang

Inisiasi itu merupakan buntut dari serangkaian serangan ekstremis yang mengaku Islam baru-baru ini di Perancis, dimulai dengan pemenggalan seorang guru sekolah, Samuel Paty pada Oktober.

Halaman:

Sumber www.rt.com
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X