Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 29/11/2020, 14:22 WIB
Miranti Kencana Wirawan

Editor

KOMPAS.com - Vatikan mengatakan tengah melakukan penyelidikan setelah akun Instagram resmi Paus Fransiskus "menyukai" foto seorang model seronok Brasil.

Tidak jelas kapan akun Instagram resmi itu memberikan "tanda suka" atas gambar Natalia Garibotto, yang mengenakan seragam sekolah.

Sejumlah media melaporkan kejadian ini pada Jumat (13/11/2020) lalu, sebelum tanda suka dibatalkan.

Para pejabat di Takhta Suci dilaporkan tengah menyelidiki mengapa hal ini bisa terjadi pada akun resmi Paus.

Kantor Media Tahta Suci mengataan kepada BBC bahwa "sepanjang yang kita ketahui tanda 'suka' bukan datang dari Tahta Suci".

Ditambahkan Vatikan bekerja bersama Instagram untuk menyelidiki mengapa hal ini terjadi.

Akun Instagram resmi Paus - dengan nama Franciscus, memiliki 7,4 juta pengikut dari seluruh dunia. Namun akun ini tidak mengikuti siapapun.

Sumber-sumber yang dekat dengan kantor media Vatikan mengatakan kepada Chatolic News Agency bahwa akun itu dipegang oleh "tim karyawan" dan penyelidikan internal tengah dilakukan.

Model itu sendiri, Garibotto - yang muncul di situs gim Twitch - menanggapi dengan ringan insiden itu.

"Paling tidak saya akan ke surga," cuit model yang punya pengikut sekitar 2,4 juta di Instagram.

COY Co, perusahaan managemen Garibotto, menggunakan insiden ini untuk publisitas mereka dan mengunggah ulang foto model itu dengan kata-kata perusahaan itu "mendapatkan restu secara resmi dari Paus."

Sangat jarang mencuit sendiri

Paus Fransiskus sangat populer di media sosial.

Di Twitter, akun Paus diikuti oleh sekitar 18,8 juta akun. Pada 2017, Paus menjadi pemimpin dunia yang paling populer di media sosial.

Namun ia sangat jarang mengunggah sendiri.

"Paus tidak seperti Donald Trump, yang duduk dan memegang telepon seluler atau komputer untuk mencuit sepanjang hari," kata Robert Mickens, editor surat kabar Katolik berbahasa Inggris, yang berkantor di Roma, La Croix.

"Yang dilakukan Paus misalnya setuju dengan cuitan namun tidak memberikan tanda suka. Dan hal yang sangat jarang beliau lakukan adalah mengunggah cuitan terkait perkembangan situasi atau ada kondisi darurat. Jadi, beliau sama sekali tak terlibat dalam insiden ini. Yang melakukan adalah departemen komunikasi, dan apa yang terjadi...tak tahulah," tambahnya mengacu pada insiden tanda suka pada model Brasil.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com