Presiden AS Terpilih Joe Biden Mulai Lakukan Transisi Pemerintahan

Kompas.com - 09/11/2020, 07:37 WIB
Presiden terpilih Amerika Serikat Joe Biden dan Wakil Presiden terpilih Kamala Harris AP Presiden terpilih Amerika Serikat Joe Biden dan Wakil Presiden terpilih Kamala Harris

WILMINGTON, KOMPAS.com - Presiden Amerika Serikat (AS) terpilih Joe Biden mengambil langkah pertamanya pada Minggu (8/11/2020) 73 hari menuju Gedung Putih dari sekarang, dengan presiden AS Donald Trump yang menolak untuk mengakui kekalahan dan menabur keraguan pada hasil pemilihan.

Dengan ucapan selamat dari berbagai pemimpin dunia dan pendukung yang 'membanjiri' hari kemenangan Biden, presiden terpilih itu beserta wakil presiden terpilihnya Kamala Harris meluncurkan situs web transisi BuildBackBetter.com dan akun Twitter @Transition46.

Baca juga: Pesan Bolsonaro untuk Trump, Teman Dekatnya: Ia Bukan Orang Terpenting di Dunia

Sementara itu terjadi, Trump bermain golf di lapangan golfnya di dekat Washington, tempat yang sama di mana dia berada pada Sabtu (7/11/2020) ketika jaringan televisi AS menyampaikan berita bahwa Biden mendapatkan cukup suara dari Elektoral College untuk menang.

Trump berencana mengajukan serangkaian tuntutan hukum dalam pekan mendatang menurut pengacaranya, Rudy Giuliani yang mengatakan mereka punya 'banyak bukti' penipuan.

Namun, mantan presiden AS George W Bush mengatakan bahwa hasil pemilihan 'jelas' dan menyampaikan ucapan selamat kepada presiden terpilih Joe Biden dan pasangannya Kamala Harris.

Bush mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa rakyat Amerika seharusnya punya keyakinan bahwa pemilihan ini pada dasarnya adil, "Kita harus bersatu demi keluarga dan kerabat kita dan untuk bangsa kita di masa depannya," ujar Bush dikutip AFP.

Baca juga: Kesalahan Joe Biden dalam Pidato Pertama: Jumlah Kematian Covid-19 AS 230 Juta

Apa saja isi situs web transisi Biden?

Situs web transisi Biden mencantumkan empat prioritas di antaranya Covid-19, pemulihan ekonomi, kesetaraan rasial dan perubahan iklim.

"Tim yang dibentuk akan menghadapi tantangan ini pada Hari Pertama," kata situs itu mengacu pada 20 Januari 2021 mendatang, ketika Biden akan dilantik sebagai Presiden ke-46 AS.

Biden yang pada 20 November besok berulang tahun ke-78 akan menjadi presiden tertua yang pernah ada di Gedung Putih. 

Sementara Harris, wakil presiden terpilih, berusia 56 tahun, seorang senator dari California adalah wanita pertama sekaligus orang kulit hitam pertama dan orang Asia Selatan pertama yang terpilih sebagai wakil presiden.

Baca juga: Ucapkan Selamat Kepada Biden, Presiden Palestina Minta AS Perkuat Hubungan dengan Negaranya

Halaman:

Sumber AFP
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X