Kompas.com - 19/09/2020, 13:28 WIB

BEIJING, KOMPAS.com - China pada Sabtu (19/9/2020) mengatakan, telah meluncurkan mekanisme yang memungkinkannya melarang entitas asing masuk.

Kebijakan itu dipandang sebagai pembalasan terhadap langkah Amerika Serikat (AS) yang mengenakan sanksi ke Huawei, lalu memblokir TikTok dan WeChat.

Pengumuman dari Kementerian Perdagangan China itu tidak menyebut entitas asing tertentu, tapi menjabarkan faktor-faktor yang dapat memicu jatuhnya hukuman, termasuk denda, pembatasan bisnis ekspor-impor atau investasi di China, dan masuknya personel atau peralatan ke dalam negara.

Baca juga: AS Blokir Download TikTok, China Merasa Di-bully dan Siap Balas

Itu mencakup "perusahaan asing, organisasi, dan individu lain," kata Kemendag "Negeri Panda" dikutip dar AFP.

Peluncuran "daftar entitas yang tak bisa dipercaya" ini meningkatkan ketegangan dalam pertarungan komersial dengan pemerintahan Presiden Donald Trump.

Kabinet Trump menggunakan "daftar entitas" sendiri untuk melarang Huawei beredar di pasar AS dengan alasan keamanan nasional.

Pengumuman itu juga dikeluarkan sehari setelah AS memerintahkan larangan download aplikasi TikTok dan secara efektif memblokir aplikasi WeChat dengan alasan yang sama.

Baca juga: Mulai Besok, AS Bakal Larang Warganya Unduh Aplikasi TikTok

China lalu mengancam akan menyerang balik.

Beijing akan mempertimbangkan sanksi terhadap entitas yang aktivitasnya "membahayakan kedaulatan nasional, keamanan, dan pembangunan China" atau melanggar "aturan ekonomi dan perdagangan yang diterima secara internasional."

Kementerian mengatakan, jika entitas diduga melanggar ketentuan maka penyelidikan akan diluncurkan di bawah kabinet China yaitu Dewan Negara.

Halaman:

Video Pilihan

Sumber AFP
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.