Di Finlandia, Orang yang Datang dari "Negara Berisiko" Covid-19 Wajib Karantina, Jika Tidak Terancam Penjara

Kompas.com - 11/08/2020, 13:14 WIB
Ilustrasi tes swab (tes usap). ShutterstockIlustrasi tes swab (tes usap).

HELSINKI, KOMPAS.com - Orang yang tiba di Finlandia dari "negara berisiko" virus corona harus mengkarantina diri selama 14 hari, jika tidak bisa dihukum penjara.

Melansir AFP pada Senin (10/8/2020), para menteri Finlandia mengumumkan pada hari itu, bahwa orang yang datang dari "negara berisiko" virus corona, wajib melakukan karantina selama 14 hari ditempat yang sudah ditetapkan.

Jika tidak, akan ada denda atau 3 bulan dipenjara, sebagai gantinya.

Hingga saat ini, negara masih berharap semua masyarakat tertib dalam menjalankan aturan karantina tersebut secara suka rela, tanpa ada sanksi untuk orang-orang yang melanggar aturan tersebut.

Baca juga: Jumlah Kasus Virus Corona di Dunia Tembus 20 Juta

Menteri Kesehatan Finlandia, Krista Kiuru mengatakan bahwa aturan baru tersebut akan diterapkan "secepat mungkin".

Kiuru juga mengatakan bahwa para pendatang mungkin akan diwajibkan melakukan tes virus corona.

Keputusan tersebut menyusul sejumlah laporan dalam beberapa hari terakhir, tentang pesawat yang tiba dari negara-negara Eropa Timur dan Balkan yang membawa penumpang terinfeksi virus corona atau yang menolak untuk dites pada saat kedatangan.

Setelah beberapa minggu di awal musim panas hanya sedikit kasus tercatat, dalam 7 hari terakhir sudah tercatat 135 kasus baru.

Baca juga: [POPULER GLOBAL] Adu Kuat China Vs Taiwan, Seperti Apa Perbandingan Militer 2 Negara? | Misteri Besar Melonjaknya Kasus Virus Corona di Vietnam

"Jumlah infeksi mengejutkan kami semua," kata Kiuru dalam konferensi pers pada Senin (10/8/2020).

Pejabat kesehatan menyalahkan kedatangan dari luar negeri untuk beberapa peningkatan kasus tersebut.

Halaman:

Sumber AFP
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X