Kompas.com - 27/07/2020, 20:18 WIB
Gambar yang diunggah oleh Kementerian Pertahanan Rusia menunjukkan rudal hipersonik Zircon ditembakkan dari kapal perang Admiral Gorshkov. The SunGambar yang diunggah oleh Kementerian Pertahanan Rusia menunjukkan rudal hipersonik Zircon ditembakkan dari kapal perang Admiral Gorshkov.

MOSKWA, KOMPAS.com - Rusia disebut sudah menyelesaikan uji coba untuk Zircon, rudal hipersonik yang diklaim bisa menghancurkan pertahanan Amerika Serikat (AS).

Berdasarkan keterangan dari kementerian pertahanan, tes itu selesai setelah misil ditembakkan dari kapal perang Admiral Gorshkov.

Rudal itu dilaporkan bisa melaju hingga enam kali kecepatan suara, dan terbang sejauh 965 km, di mana bisa menghantam target dalam tujuh menit.

Baca juga: Sedang Uji Coba, Prototipe Rudal Hipersonik AS Tak Sengaja Jatuh

Rudal hipersonik Zircon dilaporkan dikembangkan selama 20 tahun, dan menjadi senjata utama baru dalam pemerintahan Presiden Vladimir Putin.

Senjata itu didesain untuk menyerang target baik di darat maupun kapal, dan bisa segera diangkut ke kapal fregat terbaru Rusia.

"Uji coba peluncuran dari kapal Admiral Gorshkov membuktikan karakteristik taktis yang unik, dalam hal jarak dan akurasi, begitu juga kecepatan hipersonik," ujar Kremlin.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dilaporkan Asia Times via The Sun Minggu (26/7/2020), kapal fregat itu berlayar dari Pangkalan Belomorsky pekan lalu khusus menguji coba Zircon.

Tes itu sudah terlambat dari jadwal semula karena virus corona, yang menginfeksi 812.485 dan membunuh 13.269 orang di Negeri "Beruang Merah".

Sebelumnya pada Juli ini, media setempat memberitakan penduduk di desa Nyonoksa harus dievakuasi dikarenakan uji coba tersebut.

Setidaknya ada 500 orang yang mendapat pemberitahuan mereka berada di "zona bahaya", dan harus meninggalkan rumah dalam waktu 36 jam.

Baca juga: Rudal Hipersonik Avangard Rusia Diklaim Tahan Suhu 2.000 Derajat Celsius

Halaman:

Video Pilihan

Sumber The Sun
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.