Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Beri Pidato di Tengah Virus Corona, Ratu Elizabeth II: Kita Akan Menang

Kompas.com - 06/04/2020, 14:45 WIB
Ardi Priyatno Utomo

Penulis

Sumber BBC

LONDON, KOMPAS.com - Ratu Elizabeth II menyatakan, Inggris akan memenangkan perang melawan virus corona, dalam pidato langka yang disiarkan kepada publik.

Dalam pernyataannya, Yang Mulia Ratu mengucapkan terima kasih kepada warga yang mengikuti anjuran pemerintah untuk tetap tinggal di rumah.

Ratu Elizabeth II juga berterima kasih kepada pekerja di sektor esensial karena peran mereka, Inggris semakin dekat dengan masa pulih.

Baca juga: Sebelum Positif Corona, PM Inggris Boris Johnson Juga Sempat Temui Ratu Elizabeth

Pernyataannya muncul setelah London mengonfirmasi bahwa 4.934 orang meninggal karena virus corona, dengan infeksi mencapai 47.806.

"Kita akan bertemu lagi"

Berpidato dari Kastil Windsor, Ratu menuturkan bahwa mereka sudah menghadapi berbagai tantangan. Tapi wabah ini adalah sesuatu yang berbeda.

Dia mengatakan, Covid-19 telah menyatukan semua bangsa di dunia melalui kemampuan ilmu pengetahuan dan belas kasih untuk meolong sesama.

"Kita akan sukses. Kesuksesan ini adalah milik kita bersama," terang anak pertama dari Raja George VI dan Ratu Elizabeth Queen Mother.

Pemimpin monarki Inggris sejak 2 Juni 1953 itu meminta kepada publik untuk bersabar, dan tetap tinggal di rumah selama Covid-19.

"Hari yang baik akan kembali. Kita akan bersatu lagi dengan teman, bersatu lagi dengan keluarga. Kita akan bertemu lagi," janjinya.

Baca juga: Sebelum Terpapar Virus Corona, Pangeran Charles Sempat Bertemu Ratu Elizabeth II

Ratu Elizabeth II berujar, social distancing yang diterapkan mengingatkannya akan momen ketika Perang Dunia II berkecamuk.

Sekitar satu jam setelah siaran, Downing Street mengumumkan Perdana Menteri Boris Johnson dilarikan ke rumah sakit sebagai "langkah pencegahan".

Johnson menyatakan dia telah mengisolasi diri sejak 27 Maret, atau ketika dia mengumumkan terinfeksi virus bernama resmi SARS-Cov-2 tersebut.

Ratu melanjutkan, siapa pun yang mengikuti aturan pemerintah sudah membantu melindungi kelompok yang paling rentan sekaligus menenangkan mereka yang kehilangan kerabat karena wabah.

Dia juga menekankan pentingnya disiplin secara mandiri, dan berharap di masa depan, publik akan bangga tentang bagaimana mereka bisa melalui penyakit ini.

"Bersama, kita akan menangkal wabah ini. Saya ingin menegaskan jika kita tetap bersatu, maka pandemi ini bisa terlewati," ujar dia.

Baca juga: Cegah Virus Corona, Ratu Elizabeth II Pakai Sarung Tangan Saat Upacara Penobatan

Halaman:
Baca tentang

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com