Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

[POPULER GLOBAL] AS Peringatkan Rusia soal Teror | Korban Jiwa di Gaza Terlalu Banyak

KOMPAS.com - Berita mengenai Amerika Serikat memperingatkan Rusia mengenai bahaya teror memuncaki daftar Populer Global saat ini.

Sedangkan di bawahnya ialah Menhan AS berbicara terkait jumlah korban jiwa di Gaza sudah terlalu banyak.

Berita lainnya yang banyak dibaca di kanal Global Kompas.com adalah mengenai cerita WNI di Rusia soal penembakan konser Moskwa.

Selengkapnya, berikut rangkuman daftar Populer Global edisi Rabu (27/3/2024) hingga Kamis (28/3/2024) pagi yang dapat disimak:

1. Kenapa AS Peringatkan Rusia soal Bahaya Teror?

Amerika Serikat sempat peringatkan Rusia beberapa pekan sebelum serangan di Crocus City Hall, Moskwa, yang menewaskan 130 orang.

Karena meski berseteru, AS terikat doktrin lama untuk selalu menyebar informasi bahaya teror.

Kedutaan Besar Amerika Serikat di Moskwa pada tanggal 7 Maret lalu melayangkan pesan singkat berisi peringatan bahaya teror kepada warga negaranya di Rusia.

Artikel selengkapnya bisa dibaca di sini.

2. Menhan AS Bicara ke Menhan Israel: Jumlah Korban Jiwa di Gaza Terlalu Banyak

Menhan AS Lloyd Austin dan Menhan Israel Yoav Gallant bertemu di Washington DC pada Selasa (26/3/2024) di tengah ketegangan kedua negara setelah Amerika Serikat abstain dalam pemungutan suara resolusi DK PBB yang menyerukan gencatan senjata segera di Gaza.

Hamas menganggap Israel telah kehilangan perlindungan diplomatiknya akibat resolusi tersebut.

Dalam pertemuan itu, Austin salah satunya mengatakan kepada Yoav Gallant, bahwa korban sipil di Gaza terlalu tinggi dan menyarankan alternatif lain selain operasi besar Israel di Gaza selatan.

Artikel selengkapnya bisa dibaca di sini.

3. Cerita WNI di Rusia soal Penembakan Konser Moskwa

Seorang diaspora Indonesia di Rusia, Laurentius Raymond Junior Pardamaian Sihombing, mengingat kembali penembakan di gedung konser di pinggiran Moskwa.

Beberapa jam sebelum peristiwa, ia berada di kompleks gedung tersebut.

Kedutaan Besar Republik Indonesia di Moskwa menyatakan, sampai saat ini tidak ada warga negara Indonesia yang terdampak.

Artikel selengkapnya bisa dibaca di sini.

4. Kru Pembongkaran Mal Carolina Temukan Kapsul Waktu Bertuliskan Tahun 2033

Kru pembongkaran yang tengah merobohkan sebuah mal di Carolina Selatan, tepatnya Richmond Mall, mendapati penemuan mengejutkan berupa kapsul waktu yang rencananya akan dibuka pada tahun 2033.

Pihak berwenang dari Kota Forest Acres menyatakan bahwa kapsul waktu tersebut terkubur sejak mal pertama kali dibuka pada tahun 2000.

Penemuan ini terjadi ketika proses pembongkaran mal untuk proyek pembangunan mixed-use yang meliputi ruang ritel, fasilitas pembuatan bir, dan taman kota sedang berlangsung.

Artikel selengkapnya bisa dibaca di sini.

5. Israel Konfirmasi Tewaskan Orang Nomor 3 Hamas Marwan Issa

Juru Bicara Militer Israel, Laksamana Muda Daniel Hagari pada Selasa (26/3/2024) mengonfirmasi, wakil komandan militer Hamas, Marwan Issa, tewas dalam serangan Israel bulan ini.

"Kami telah memeriksa semua informasi intelijen. Marwan Issa tewas dalam serangan yang kami lakukan sekitar dua minggu yang lalu," kata dia dalam sebuah pernyataan yang disiarkan di televisi.

Marwan Issa berada di urutan teratas dalam daftar orang yang paling dicari Israel bersama dengan Mohammed Deif, kepala sayap militer Hamas, Brigade Izz el-Deen al-Qassam, dan pemimpin Hamas di Gaza, Yahya Sinwar.

Artikel selengkapnya bisa dibaca di sini.

https://www.kompas.com/global/read/2024/03/28/053000670/-populer-global-as-peringatkan-rusia-soal-teror-korban-jiwa-di-gaza

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke