Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Rangkuman Hari Ke-762 Serangan Rusia ke Ukraina: Barat Dituding Bantu Penembak Konser | Presiden Belarus Beri Keterangan

KYIV, KOMPAS.com - Masih ada beberapa hal baru yang terjadi mewarnai perang Rusia-Ukraina hari ke-762 pada Selasa (26/3/2024).

Ini termasuk, Kepala badan keamanan FSB Rusia menuding dinas khusus Barat dan Ukraina telah membantu para penyerang yang menyerbu gedung konser Moskwa pekan lalu.

Sementara itu Presiden Belarus Alexander Lukashenko mengatakan, para pelaku penembakan konser Moskwa mencoba melarikan diri ke negaranya terlebih dahulu. Keterangannya berbeda dengan klaim Rusia.

Untuk lebih lengkapnya, berikut rangkuman serangan Rusia ke Ukraian hari ke-762 yang dapat Anda simak:

5 orang terluka di Belgorod akibat penembakan Ukraina di 

Gubernur Belgorod, Vyacheslav Gladkov pada Selasa mengatakan, pengeboman yang dilakukan Ukraina menyebabkan lima orang terluka di wilayahnya.

Itu menjadi serangan terbaru dalam meningkatnya serangan lintas batas antara Kyiv dan Moskwa.

Beberapa minggu terakhir terjadi peningkatan tajam dalam serangan Ukraina di wilayah perbatasan serta serangan oleh milisi pro-Kyiv yang terdiri dari orang-orang Rusia yang menentang Kremlin. 

Vyacheslav Gladkov menulis di media sosial, bahwa lima orang terluka dalam pengeboman terpisah di dua desa. 

Dia mengatakan, sistem pertahanan udara telah mencegat proyektil yang masuk dan korban luka sedang dirawat. 

Sebagaimana dilansir Kantor berita AFP, Gladkov menyebut, dua petugas pemadam kebakaran termasuk di antara mereka yang terluka di salah satu desa dan beberapa rumah rusak.  

Rusia memperpanjang masa penahanan pra-sidang reporter AS Evan Gershkovich

Pengadilan Moskwa pada Selasa memperpanjang penahanan pra-sidang jurnalis AS Evan Gershkovich hingga 30 Juni, memastikan dia akan menghabiskan lebih dari satu tahun di balik jeruji besi.

Jaksa menuduh reporter Wall Street Journal itu melakukan spionase, menjadi dakwaan pertama terhadap jurnalis Barat di Rusia sejak jatuhnya Uni Soviet.

Pria berusia 32 tahun itu ditahan di penjara Lefortovo yang terkenal terisolasi di Moskwa dan menghadapi hukuman maksimal 20 tahun penjara jika terbukti bersalah.

Layanan pengadilan Moskwa mengatakan mereka telah memperpanjang masa penahanan Evan Gershkovich hingga 30 Juni 2024, setelah sidang di ibu kota Rusia.

Moskwa: warga Rusia pro-Kyiv tewas dalam ledakan saat ditangkap

Moskwa pada Selasa mengatakan, seorang warga Rusia yang bekerja untuk dinas keamanan Ukraina tewas ketika sebuah bahan peledak miliknya meledak saat penangkapan di wilayah Samara.

Rusia menuduh warganya tersebut tengah merencanakan serangan.

Badan keamanan FSB mengatakan, tersangka adalah anggota Korps Relawan Rusia, salah satu dari beberapa kelompok bersenjata pro-Ukraina yang baru-baru ini melancarkan serangan di wilayah perbatasan Rusia dari Ukraina.

“Saat pelaku ditangkap, IED yang disitanya meledak, menyebabkan dia mengalami luka fatal. Baik petugas keamanan maupun warga sipil tidak terluka,” kata FSB dalam pernyataan yang dilansir kantor berita Rusia, RIA Novosti.

Pengumuman tersebut muncul hanya beberapa hari setelah orang-orang bersenjata membunuh sedikitnya 139 orang di gedung konser Moskwa dalam serangan paling mematikan di Rusia dalam beberapa dekade terakhir.

Ukraina klaim serang dan rusak 4 kapal Rusia

Angkatan Laut Ukraina pada Selasa mengeklaim telah merusak empat kapal angkatan laut Rusia dalam serangan rudal akhir pekan lalu di Crimea.

Angkatan bersenjata sebelumnya mengatakan bahwa serangan pada Sabtu-Minggu (23-24/3/2024) hanya merusak dua kapal pendarat amfibi, yakni Yamal dan Azov.

"Menurut informasi terkini, pasukan pertahanan Ukraina juga berhasil merusak kapal mata-mata Ivan Khurs dan kapal pendarat besar Konstantin Olshansky," kata Angkatan Laut Ukraina di Facebook.

Rusia belum mengomentari klaim ini.

Ukraina mengeklaim telah menghancurkan sekitar sepertiga Armada Laut Hitam Rusia sejak invasi Rusia pada Februari 2022.

Pengadilan Rusia sidang tersangka kedelapan atas penembakan konser Mokswa

Pengadilan Rusia pada Selasa menggelar sidang terhadap tersangka kedelapan atas serangan di gedung konser Moskwa yang menewaskan sedikitnya 139 orang.

Moskwa sebelumnya mengumumkan telah menahan 11 orang sehubungan dengan serangan yang menyebabkan lebih dari 130 orang tewas itu.

Layanan pers pengadilan mengatakan, tersangka terakhir yang ditahan adalah seorang pria yang berasal dari negara Kirgistan di Asia Tengah. 

Para pejabat mengatakan tersangka diperintahkan untuk ditahan setidaknya sampai tanggal 22 Mei.

Empat pria yang didakwa pada hari Minggu melakukan serangan itu adalah warga negara Tajikistan, juga di Asia Tengah yang mayoritas penduduknya Muslim.

Pejabat senior Rusia: Ukraina berada di balik serangan Moskwa

Seorang pejabat senior keamanan Rusia pada Selasa mengatakan, Ukraina berada di balik serangan terhadap gedung konser Moskwa yang menyebabkan sedikitnya 139 orang tewas.

“Tentu saja, Ukraina,” kata Sekretaris Dewan Keamanan Rusia Nikolai Patrushev, menjawab pertanyaan apakah Kyiv atau kelompok ISIS yang berada di balik penembakan konser Moskwa pada Jumat pekan lalu.

Rusia: para penyerang Moskwa disambut sebagai pahlawan di Ukraina

Kepala dinas keamanan FSB Rusia pada Selasa mengatakan, orang-orang bersenjata yang bertanggung jawab atas serangan di Moskwa telah berencana melakukan perjalanan ke Ukraina dan akan disambut sebagai pahlawan.

“Saya akan memberi tahu Anda sebuah rahasia kecil: mereka akan disambut sebagai pahlawan di sisi lain,” kata kepala Dinas Keamanan Federal Alexander Bortnikov dalam komentar yang dimuat oleh kantor berita Rusia, RIA Novosti.

Rusia tuding Barat bantu para penyerang Moskwa

Kepala badan keamanan FSB Rusia pada Selasa mengeklaim bahwa dinas khusus Barat dan Ukraina telah membantu para penyerang yang menyerbu gedung konser Moskwa pekan lalu, menewaskan puluhan orang.

Rusia terus menuduh Ukraina terlibat dalam pembantaian pada Jumat itu, bahkan setelah Presiden Vladimir Putin mengakui “kelompok Islam radikal” yang melakukan pembunuhan tersebut. 

“Kami yakin tindakan tersebut dipersiapkan oleh kelompok Islam radikal itu sendiri dan, tentu saja, difasilitasi oleh dinas khusus Barat, dan dinas khusus Ukraina sendiri memiliki hubungan langsung dengan hal ini,” kata kepala FSB Alexander Bortnikov sebagaimana diberitakan RIA Novosti.

Dia juga mengulangi klaim Kremlin bahwa para penyerang mencoba melarikan diri melalui perbatasan Ukraina, sebuah pernyataan yang oleh Kyiv disebut tidak masuk akal.

Lukashenko: penyerang Moskwa mencoba melarikan diri ke Belarus terlebih dahulu

Presiden Belarus Alexander Lukashenko pada Selasa mengatakan, para pelaku penembakan konser Moskwa mencoba melarikan diri ke negaranya terlebih dahulu, tetapi berhasil melarikan diri karena adanya pos pemeriksaan.

Itu sebabnya mereka berbalik dan pergi ke bagian perbatasan Ukraina-Rusia,” kata Lukashenko.

Keterangan Lukashenko bertentangan dengan klaim Rusia bahwa mereka mencoba menyeberang ke Ukraina terlebih dahulu.

Menteri Polandia: NATO bahas rencana tempak jatuh rudal Rusia

Wakil menteri luar negeri Polandia pada Selasa mengatakan bahwa NATO sedang mempertimbangkan kemungkinan menembak jatuh rudal Rusia yang menyimpang terlalu dekat dengan perbatasan aliansi tersebut, dua hari setelah Polandia melaporkan pelanggaran wilayah udaranya.

Warsawa pada Minggu mengatakan bahwa rudal jelajah Rusia yang ditembakan ke kota-kota di Ukraina barat telah melintasi wilayah udara Polandia selama 39 detik, melewati sekitar 2 kilometer melintasi perbatasan.

Menteri Pertahanan Polandia mengatakan, Polandia mengaktifkan semua sistem pertahanan udara dan rudal tersebut akan ditembak jatuh seandainya ada indikasi bahwa rudal tersebut mengarah ke sasaran di wilayah Polandia.

Pada Selasa, wakil menteri luar negeri Polandia Andrzej Szejna mengatakan kepada stasiun radio lokal RMF24, "berbagai konsep sedang dianalisis dalam NATO" sebagai tanggapan terhadap insiden semacam itu, termasuk rudal yang ditembak jatuh ketika mereka berada sangat dekat dengan perbatasan NATO.

https://www.kompas.com/global/read/2024/03/27/101400970/rangkuman-hari-ke-762-serangan-rusia-ke-ukraina--barat-dituding-bantu

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke