Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Iran Tangkap Tersangka Ledakan Bom, Pelayat Tuntut Pembalasan Dendam

Menteri dalam negeri mengatakan sejumlah tersangka telah ditangkap atas serangan yang diklaim oleh ISIS itu.

Kerumunan orang meneriakkan "balas dendam, balas dendam" dalam cuplikan TV pemerintah yang menayangkan pemakaman di kota Kerman, tempat terjadinya ledakan pada Rabu (3/1/2024).

Dilansir dari Reuters, ini merupakan serangan paling berdarah di Iran sejak Revolusi Islam tahun 1979.

Hampir 100 orang tewas dalam ledakan di upacara peringatan untuk komandan militer Jenderal Qassem Soleimani, yang dibunuh di Irak pada tahun 2020 oleh pesawat tak berawak AS.

Ledakan tersebut terjadi di tengah suasana tegang di wilayah tersebut saat perang Israel melawan Hamas di Gaza mendekati tiga bulan.

Menteri Dalam Negeri Ahmad Vahidi mengatakan kepada TV pemerintah bahwa sejumlah tersangka telah ditangkap.

"Badan-badan intelijen negara kami telah menemukan petunjuk-petunjuk yang sangat baik mengenai elemen-elemen yang terlibat dalam ledakan-ledakan teroris di Kerman dan sebagian dari mereka yang berperan dalam insiden ini telah ditangkap," ujarnya tanpa menjelaskan lebih lanjut.

Wakil Menteri Dalam Negeri Majid Mirahmadi mengatakan bahwa berbagai individu telah ditangkap di lima kota di lima provinsi, yang telah mendukung insiden ini atau terkait dengannya.

Rinciannya akan diumumkan dalam beberapa jam ke depan, kantor berita pemerintah melaporkan.

ISIS mengatakan pada hari Kamis bahwa dua anggotanya telah meledakkan sabuk peledak di tengah kerumunan orang yang berkumpul untuk mengenang Soleimani di kota tenggara.

"Kami akan menemukan Anda di mana pun Anda berada," kata komandan Garda Revolusi, Mayor Jenderal Hossein Salami, saat pemakaman di pusat keagamaan Imam Ali di Kerman.

Presiden Ebrahim Raisi mengatakan dalam sebuah pidato yang disiarkan di televisi bahwa pasukannya akan memutuskan tempat dan waktu untuk mengambil tindakan.

https://www.kompas.com/global/read/2024/01/05/220206570/iran-tangkap-tersangka-ledakan-bom-pelayat-tuntut-pembalasan-dendam

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke