Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Puing-puing Kapal Selam Titan Kembali Ditemukan

“Insinyur keselamatan kelautan di Dewan Investigasi Kelautan Penjaga Pantai (MBI) menemukan dan mengambil sisa puing-puing kapal selam Titan dan barang bukti dari dasar laut Samudera Atlantik Utara (pada 4 Oktober), kata US Coast Guard pada Selasa (10/10/2023).

“Dugaan ptongan tubuh manusia lainnya ditemukan dengan hati-hati dari dalam puing-puing Titan dan diangkut untuk dianalisis oleh para profesional medis AS,” tambahnya, dikutip dari kantor berita AFP.

Beberapa puing dan potongan tubuh manusia juga ditemukan pada akhir Juni 2023.

US Coast Guard sedang berkoordinasi dengan Dewan Keselamatan Transportasi Nasional AS (NTSB) dan lembaga-lembaga investigasi internasional lainnya untuk menjadwalkan peninjauan bukti bersama dari puing-puing Titan.

Kapal selam Titan dioperasikan oleh perusahaan OceanGate yang berbasis di AS. Titan diyakini meledak ketika menyelam menuju bangkai kapal Titanic pada 18 Juni 2023.

Titan hilang kontak sekitar satu jam 45 menit setelah melakukan penyelaman.

Ledakan kapal selam Titan dikonfirmasi pada 22 Juni 2023 sekaligus mengakhiri misi penyelamatan berhari-hari yang menyita perhatian dunia.

Kelima penumpang di Titan saat itu adalah penjelajah Inggris Hamish Harding, ahli kapal selam Perancis Paul-Henri Nargeolet, taipan Pakistan-Inggris Shahzada Dawood dan putranya Suleman, serta Stockton Rush yang merupakan CEO operator kapal selam OceanGate Expeditions.

  • OceanGate Hentikan Operasional Setelah Kapal Titan Meledak
  • Puing-puing Kapal Selam Titan yang Meledak Diangkat ke Darat di Kanada

Puing-puing Titan ditemukan 500 meter dari haluan Titanic yang terletak 400 mil di lepas pantai Newfoundland.

Para korban diperkirakan tewas seketika ketika Titan yang seukuran mobil SUV meledak di bawah tekanan Atlantik Utara pada kedalaman hampir empat kilometer.

Adapun kapal Titanic menabrak gunung es dan tenggelam pada 1912 saat pelayaran perdana dari Inggris ke New York dengan 2.224 penumpang dan awak dalamnya. Lebih dari 1.500 orang tewas.

Bangkai kapal Titanic ditemukan pada 1985 dan menjadi daya tarik bagi para ahli bahari serta  wisatawan bawah air.

https://www.kompas.com/global/read/2023/10/14/155300370/puing-puing-kapal-selam-titan-kembali-ditemukan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke