Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Rangkuman Hari Ke-580 Serangan Rusia ke Ukraina: Drone Gempur Pelabuhan Izamil | Hillary Clinton Ejek Putin

KYIV, KOMPAS.com – Masih ada beberapa hal baru yang terjadi mewarnai perang Rusia-Ukraina hari ke-580 pada Selasa (27/9/2023).

Ini termasuk, Angkatan Udara (AU) Ukraina mengatakan, Rusia menyerang infrastruktur di sekitar pelabuhan Izmail dengan 38 drone dalam semalam.

Sementara itu, peberapa desa di wilayah Kursk Rusia yang berbatasan dengan Ukraina padam setelah drone Ukraina menjatuhkan bahan peledak ke gardu listrik.

Untuk lebih lengkapnya, berikut rangkuman serangan Rusia ke Ukraina hari ke-580 yang dapat Anda simak:

Ukraina: 26 dari 38 drone Rusia jatuh dalam semalam

Angkatan Udara (AU) Ukraina pada Selasa mengatakan, Rusia menyerang infrastruktur di sekitar pelabuhan Izmail dengan 38 drone dalam semalam.

"Drone-drone tersebut merusak lebih dari 30 kendaraan dan melukai dua pengemudi selama dua jam serangan," kata Gubernur Odessa, Oleg Kiper di Telegram, sebagaimana dikutip dari AFP.

Ukraina menghancurkan 26 drone di antaranya.

Sejak Juli lalu, ketika Moskwa menarik diri dari perjanjian yang ditengahi PBB yang mengizinkan pengiriman biji-bijian yang aman melalui Laut Hitam, Rusia telah meningkatkan serangan terhadap infrastruktur pengekspor biji-bijian Ukraina di wilayah selatan Odesa dan Mykolaiv.

Kremlin: tank Abrams AS akan terbakar di Ukraina

Kremlin pada Selasa mengatakan tank Abrams AS yang dipasok ke Ukraina tidak akan mengubah hasil serangannya dan hanya akan terbakar.

Sebelumnya, UKraina pada Senin (25/9/2023) mengabarkan telah menerima pengiriman alat tempur tersebut.

“Semua ini sama sekali tidak memengaruhi esensi operasi militer khusus, dan hasilnya,” kata juru bicara Kremlin Dmitry Peskov kepada wartawan dalam sebuah pengarahan.

“Tidak ada obat mujarab, tidak ada satu senjata pun yang dapat mengubah keseimbangan kekuatan di medan perang,” tambahnya.

Desa-desa di Rusia kehilangan aliran listrik setelah serangan drone Ukraina

Beberapa desa di wilayah Kursk Rusia yang berbatasan dengan Ukraina padam pada Selasa pagi.

Kondisi itu terjadi setelah pesawat tak berawak atau drone Ukraina menjatuhkan bahan peledak ke gardu listrik.

Sejak Rusia melancarkan permusuhan terhadap Ukraina tahun lalu, wilayah Rusia yang berbatasan dengan Ukraina telah berulang kali menuduh pasukan Kyiv menyerang infrastruktur sipil, termasuk jaringan listrik.

“Pada pagi hari, sebuah drone Ukraina menjatuhkan alat peledak ke gardu listrik di desa Snagost di Distrik Korenevsky. Tujuh pemukiman dibiarkan tanpa aliran listrik,” kata Gubernur Kursk, Roman Starovoit.

Eropa Tengah desak UE untuk periksa koridor biji-bijin Ukraina

Empat negara Eropa tengah mendesak Uni Eropa pada Selasa untuk memeriksa secara menyeluruh apa yang disebut “koridor solidaritas” yang dilalui biji-bijian Ukraina dalam perjalanannya ke negara ketiga.

Pejabat kementerian pertanian dari Republik Ceko, Hongaria, Polandia dan Slovakia mengatakan sebagian dari biji-bijian yang diangkut tetap berada di negara-negara seperti Polandia, dan merugikan petani lokal karena harganya jauh lebih murah dibandingkan biji-bijian lokal.

“Kami menyerukan kepada Komisi Eropa untuk memeriksa efisiensi koridor solidaritas secara lebih aktif,” kata Menteri Pertanian Ceko Marek Vyborny kepada wartawan.

Diklaim tewas oleh Ukraina, komandan Rusia muncul di video pertemuan

Laksamana Viktor Sokolov, Komandan Armada Laut Hitam Rusia yang diklaim tewas oleh Ukraina, muncul dalam video yang dibagikan Kementerian Pertahanan Rusia pada Selasa.

Ukraina pada awal pekan ini mengeklaim, Sokolov dan 34 prajurit Rusia tewas dalam serangan pertama di markas armada Laut Hitam semenanjung Crimea.

Namun, dalam video terbaru Kemenhan Rusia, Sokolov tampil mengenakan seragam militer dan menghadiri pertemuan yang dipimpin Menteri Pertahanan Sergei Shoigu melalui panggilan video.

Medvedev kunjungi pasukan di Ukraina

Mantan pemimpin Rusia Dmitry Medvedev pada Selasa mengeklaim telah mengunjungi pasukan di dekat garis depan di wilayah Donetsk timur Ukraina atas perintah Presiden Vladimir Putin.

Beberapa pejabat tinggi Rusia telah mengunjungi wilayah pendudukan Ukraina sejak serangan Moskwa dimulai tahun lalu, termasuk Putin, yang melakukan kunjungan mendadak ke pelabuhan Mariupol di Ukraina tenggara pada bulan Maret.

“Atas instruksi presiden, saya mengunjungi lapangan tembak di dekat garis kontak di wilayah Republik Rakyat Donetsk,” kata Medvedev, yang sebelumnya menjabat sebagai presiden dan perdana menteri.

Pengadilan Rusia tolak banding Navalny terhadap hukuman 19 tahun

Rusia pada Selasa menolak banding yang diajukan oleh kritikus Kremlin Alexei Navalny terhadap keputusan pengadilan yang memenjarakannya selama 19 tahun di penjara dengan keamanan maksimum atas tuduhan ekstremisme.

Keputusan tersebut diambil di tengah tindakan keras bersejarah terhadap suara-suara yang berbeda pendapat ketika serangan Moskwa terhadap Ukraina memasuki tahun kedua.

"Pengadilan Banding Pertama Yurisdiksi Umum memutuskan untuk meneguhkan keputusan bulan lalu oleh Pengadilan Kota Moskwa," kata hakim Viktor Rogov.

Hillary Clinton: sayang sekali, Vladimir

Mantan Menteri Luar Negeri AS Hillary Clinton pada Selasa mengejek "musuh" lamanya, Presiden Rusia Vladimir Putin, atas perluasan NATO sejak invasinya ke Ukraina .

"Sayang sekali, Vladimir. Anda sendiri yang menyebabkannya," kata Clinton saat dia kembali ke Kementerian Luar Negeri untuk perkenalan potret resminya.

"Itu adalah sebuah perdebatan. Dan kami selalu mengatakan, masyarakat tidak dipaksa untuk bergabung dengan NATO, masyarakat memilih dan ingin bergabung dengan NATO," tambahnya.

Ketua parlemen Kanada mundur

Ketua parlemen Kanada Anthony Rota mengundurkan diri dari jabatannya pada Selasa.

Hal itu diungkapkannya beberapa hari setelah ia menyambut seorang veteran Ukraina yang tampaknya berjuang untuk Nazi selama Perang Dunia II.

"Dengan berat hati saya menyampaikan kepada anggota mengenai pengunduran diri saya sebagai Ketua Dewan Rakyat," kata Anthony Rota kepada anggota parlemen dari ruang parlemen. 

Rota pun menyampaikan penyesalan atas apa yang dia lakukan tersebut. Dia siap tanggung jawab.

"Penyesalan mendalam atas kesalahan saya. Saya menerima tanggung jawab penuh atas tindakan saya," lanjut Rota, seraya mengatakan pengunduran dirinya akan efektif pada akhir Rabu (27/9/2023) ini.

https://www.kompas.com/global/read/2023/09/27/113500970/rangkuman-hari-ke-580-serangan-rusia-ke-ukraina--drone-gempur-pelabuhan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke