Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Budaya dan Kuliner Indonesia Meriahkan Akhir Pekan Warga Estonia di Pulau Saaremaa

Acara ini juga bertepatan dengan perayaan HUT ke-78 RI dan Hari Restorasi Kemerdekaan Estonia yang diperingati setiap tanggal 20 Agustus.

Dalam sambutan pembuka, Duta Besar RI Helsinki, Ratu Silvy Gayatri, menyampaikan bahwa hubungan diplomatik Indonesia dan Estonia sudah berlangsung selama 29 tahun.

Meskipun secara geografis jarak kedua negara berjauhan, namun keduanya memiliki banyak kesamaan nilai, antara lain demokrasi, multilateralisme, komitmen untuk memelihara perdamaian dan ketertiban dunia, serta pembangunan berkelanjutan.

Oleh karenanya, acara promosi ini merupakan upaya yang ditempuh KBRI untuk lebih mendekatkan Estonia dengan Indonesia, dan sebaliknya.

Hadir pula anggota Rotary Club Estonia serta para warga Estonia maupun WNI yang menetap di Estonia.

Mengambil tema Indonesian Food and Cultural Day, KBRI menyajikan ragam masakan Indonesia dalam menu buffet, antara lain nasi kuning, soto, sate ayam, sate maranggi, rendang, ayam betutu, pepes ikan, lumpia, gado-gado, mi goreng, bakwan, peyek kacang, lapis Surabaya, onde-onde, hingga klappertaart.

Sembari menikmati prasmanan makanan Indonesia, para tamu yang hadir juga dapat menikmati hiburan tarian Nusantara, antara lain tari bajidor kahot, tari topeng kelana, tari tor tor, serta pencak silat.

Tidak hanya itu, lagu Rungkad yang dinyanyikan oleh Gandi Moenthe, diaspora Indonesia yang menjadi finalis The Voice of Finland 2022, membuat seisi ruangan bergoyang.

Kemeriahan acara ditutup dengan tari Maumere yang ditarikan secara massal dengan para tamu (flashmob).

Wali Kota Saaremaa, Mikk Tuisk, menyampaikan bahwa ia baru kali pertama menghadiri acara pagelaran budaya Indonesia dan sangat menikmati pertunjukan dan makanan yang disajikan.

"Saya belum pernah ke Indonesia dan sekarang saya sedikit merasakannya, mungkin saya akan ke sana. Mungkin tidak segera, tetapi pasti kunjungannya menyenangkan," ujar Tuisk, dikutip dari siaran pers KBRI Helsinki.

Saaremaa merupakan salah satu pulau terbesar di Estonia serta pulau ketiga terbesar di Perairan Baltik.

Pulau Saaremaa sering menjadi tujuan wisata akhir pekan penduduk Estonia karena keindahan kota tua dan pantainya.

Jarak Kota Saaremaa dari ibu kota Estonia, Tallinn, yang berbeda pulau dan mesti ditempuh kurang lebih empat jam lamanya tidak menyurutkan antusiasme warga Estonia untuk datang merasakan langsung atmosfer Indonesia.

Dekorasi Barong dan Ondel-ondel menjadi spot foto menarik bagi pengunjung yang datang bersama keluarga maupun pasangan.

Acara berlangsung selama dua hari, 26-27 Agustus 2023, berlokasi di Saaremaa Rannahotell, Estonia.

Diharapkan dengan acara ini dapat menjadi sarana bagi warga Estonia untuk lebih mengenal Indonesia, meningkatkan jumlah wisman untuk berkunjung ke Indonesia, dan semakin mempererat hubungan antarmasyarakat kedua negara.

https://www.kompas.com/global/read/2023/08/30/214500770/budaya-dan-kuliner-indonesia-meriahkan-akhir-pekan-warga-estonia-di-pulau

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke