Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jelang Pemilu, Calon Wali Kota di Meksiko Tewas Ditembak Saat Kampanye

Kompas.com - 30/05/2024, 15:32 WIB
Aditya Jaya Iswara

Penulis

Sumber AFP

COYUCA DE BENITEZ, KOMPAS.com - Calon wali kota Coyuca de Benitez di Meksiko, Alfredo Cabrera, tewas ditembak saat berkampanye pada Rabu (29/5/2024).

Gubernur Negara Bagian Guerrero yaitu Evelyn Salgado mengecam pembunuhan Cabrera yang merupakan kandidat koalisi oposisi di kota tersebut.

Video yang beredar di media sosial menunjukkan seseorang mendekati Cabrera dan menembaknya beberapa kali, menimbulkan kekacauan dan kepanikan di kerumunan massa yang menghadiri kampanye.

Baca juga: Jelang Pemilu, Meksiko Akan Kerahkan 27.000 Tentara dan Garda Nasional

Salgado melalui media sosial X—sebelumnya bernama Twitter—meminta kantor kejaksaan negeri menjatuhkan hukuman sepantasnya terhadap orang atau kelompok yang bertanggung jawab atas penembakan tersebut.

Pemerintah Meksiko pada Selasa (28/5/2024) mengatakan, setidaknya 22 orang yang mencalonkan diri untuk jabatan lokal tewas dibunuh sejak September 2023.

Beberapa organisasi non-pemerintah melaporkan angka yang lebih tinggi, seperti Data Civica yang menghitung sekitar 30 pembunuhan terhadap politisi lokal.

Baca juga:

Pada Selasa, calon wali kota di Negara Bagian Morelos tewas dibunuh, sedangkan satu orang lainnya terluka akibat tembakan di Negara Bagian Jalisco.

PRI, salah satu partai koalisi oposisi, menuduh pemerintah tidak melakukan upaya sedikit pun untuk menjamin keselamatan para kandidat.

Sekitar 27.000 tentara dan anggota Garda Nasional akan dikerahkan untuk memperkuat keamanan pemilu Meksiko pada Minggu (2/6/2024). Masyarakat akan memilih presiden baru, anggota Kongres, beberapa gubernur negara bagian, dan sejumlah pejabat lokal.

Baca juga: Pemilu Tahun 2024 di Meksiko Terancam Ulah Kartel

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com