Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Penjara Terkecil di Dunia yang Terdiri 2 Sel Tanpa Jendela

Kompas.com - 30/05/2024, 14:09 WIB
Albertus Adit

Penulis

KOMPAS.com - Pulau Sark yang terletak antara Perancis dan Inggris memiliki penjara terkecil di dunia. Penjara itu terdiri dari dua sel kecil dan tanpa jendela.

Diketahui, pulau tersebut tidak ada jalan raya, dan tidak ada lampu jalan. Tetapi punya penjara kecil yang dibangun pada 1856.

Sebagaimana diberitakan Odditycentral pada Selasa (28/5/2024), dijelaskan bahwa satu sel berukuran 1,8m x 1,8m. Sedangkan satu sel lagi memiliki ukuran 1,8m x 2,4m.

Baca juga: Rumah Tersempit di Dunia Ini Dibangun karena Dendam pada Tetangga

Penjara ini juga memegang Rekor Dunia Guinness sebagai penjara terkecil di dunia.

Hal itu menjadi pantas karena pulau itu berukuran panjang kurang dari 5 kilometer dan lebar 1,6 kilometer, dengan populasi di bawah 600 orang.

Kedua sel tersebut hanya memiliki tempat tidur kecil berpalang kayu dengan kasur tipis untuk tempat tidur narapidana.

Dijelaskan bahwa narapidana hanya dapat ditahan selama maksimal dua hari, setelah itu mereka harus dipindahkan ke fasilitas penjara yang lebih besar di Guernsey yang berdekatan.

Menurut Sark Estate, Pengadilan Guernsey memerintahkan pembangunan penjara baru pada tahun 1832, karena penjara asli dianggap tidak layak, namun karena keterbatasan anggaran, dibutuhkan waktu lebih dari dua dekade untuk memulai pembangunan fasilitas penahanan baru.

Selesai dibangun pada tahun 1856 dan terus beroperasi sejak saat itu.

Penegakan hukum di pulau tersebut tidak terlalu sering menerima laporan kejahatan, namun penjara secara teknis masih beroperasi, dan sel-selnya kadang-kadang ditempati oleh turis yang gaduh atau penduduk lokal yang mabuk.

Baca juga: Katak Ini Jadi Vertebrata Terkecil di Bumi

Narapidana paling terkenal di Penjara Sark adalah Andres Gardes, seorang fisikawan nuklir Perancis pengangguran yang percaya dirinya sebagai pewaris sah dan pemilik Pulau Sark.

Karena tidak ada yang menganggap serius klaimnya, dia memutuskan untuk menyerang pulau itu sebagai pasukan tunggal.

Dia menempelkan poster di pulau itu yang mengumumkan invasinya, jadi ketika dia akhirnya tiba di Sark dengan senapan semi-otomatis, dia dipukul di wajahnya oleh Polisi yang sedang bertugas dan dilucuti.

Iia kemudian ditangkap dan invasinya berhasil digagalkan.

Meskipun penjara terkecil di dunia ini hanya mengalami sedikit perubahan struktur, namun penjara itu kini memiliki listrik dan pemanas.

Baca juga: 5 Teknologi Tertua di Dunia yang Masih Digunakan

Jadi, bisa dibilang penjara ini sedikit lebih nyaman dibandingkan sebelumnya. Akan tetapi masih belum ada jendelanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com