Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Kudeta Niger: Komando Militer Mendukung, Presiden Melawan

NIAMEY, KOMPAS.com - Komando militer Niger pada hari Kamis (27/7/2023) menyatakan dukungannya terhadap kudeta yang dimulao oleh tentara pengawal presiden pada hari sebelumnya.

Mereka mengatakan bahwa prioritas saat ini adalah untuk menghindari ketidakstabilan di negara itu.

"Tentara perlu menjaga integritas fisik presiden dan keluarganya serta menghindari konfrontasi mematikan ... yang dapat menimbulkan pertumpahan darah dan mempengaruhi keamanan penduduk," demikian pernyataan yang ditandatangani oleh kepala staf angkatan darat, seperti dilansir dari Reuters.

Presiden Mohamed Bazoum dan Menteri Luar Negeri Hassoumi Massoudou sebelumnya mendesak kekuatan-kekuatan demokratis di negara itu untuk melawan perebutan kekuasaan, sementara para pejabat Barat mengatakan bahwa status upaya kudeta itu tidak jelas.

Tentara mengatakan dalam pidato yang disiarkan di televisi pada larut malam bahwa Bazoum telah dilucuti dari kekuasaannya dan lembaga-lembaga republik telah dibekukan, yang menandai kudeta ketujuh di Afrika Barat dan Tengah sejak tahun 2020.

Mereka sebelumnya merebut istana kepresidenan di ibu kota Niamey, dengan presiden berada di dalamnya.

Bazoum, dalam sebuah unggahan di media sosial, bersumpah untuk melindungi pencapaian demokratis yang diperoleh dengan susah payah di negara yang merupakan sekutu penting bagi kekuatan Barat yang membantu memerangi pemberontakan di wilayah Sahel.

Massoudou juga menyerukan kepada para demokrat dan patriot untuk membuat upaya kudeta gagal, menurut sebuah posting di X, platform yang sebelumnya dikenal sebagai Twitter.

Ibu kota Niamey sepi pada Kamis pagi ketika warga terbangun karena hujan lebat, perbatasan yang ditutup dan jam malam nasional yang diberlakukan oleh para penghasut kudeta.

Massoudou mengatakan tidak semua tentara terlibat dalam upaya kudeta, dan sejumlah pejabat Barat, yang berbicara dengan syarat anonim, mengatakan kepada Reuters bahwa tidak ada bukti di lapangan bahwa angkatan bersenjata mendukungnya.

https://www.kompas.com/global/read/2023/07/27/200000370/kudeta-niger-komando-militer-mendukung-presiden-melawan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke