Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Israel Luncurkan Satelit Mata-mata, Lebih Canggih dari Sebelumnya

TEL AVIV, KOMPAS.com – Kementerian Pertahanan Israel melaporkan, militernya berhasil meluncurkan satelit mata-mata Ofek-13 ke ruang angkasa pada Rabu (29/3/2023) waktu setempat.

Sateli mata-mata tersebut akan memberikan militer Israel kualitas gambar yang lebih baik dan lebih jernih daripada pendahulunya.

Kementerian Pertahanan Israel menuturkan, Ofek-13 adalah satelit mata-mata dengan kemampuan yang canggih, sebagaimana dilansir The Times of Israel.

“Setelah memasuki orbit Bumi, satelit akan menjalani serangkaian pemeriksaan yang dimaksudkan untuk memverifikasi integritas (struktural) dan tingkat kinerjanya,” bunyi pernyataan dari Kementerian Pertahanan Israel.

Satelit tersebut dibawa ke ruang angkasa dengan wahana bernama Shavit. Penduduk sekitar zona peluncuran melaporkan mendengar satelit meluncur ke luar angkasa.

Pengembangan satelit tersebut juga melibatkan berbagai badan di militer Israel, termasuk Unit intelijen visual 9900 dan angkatan udara.

Israel Aerospace Industries adalah kontraktor utama yang terlibat dalam proyek tersebut. Perusahaan pertahanan Tomer dan Rafael Israel memproduksi mesin peluncuran.

Satelit pertama Israel, Ofek-1, diluncurkan pada 1988. Tujuh tahun kemudian, yaitu pada 1995, Israel kembali meluncurkan satelit mata-mata ke ruang angkasa yang mampu memotret bumi.

Pada Juli 2020, Israel meluncurkan satelit Ofek-16 dan memenangi penghargaan keamanan tertinggi Israel tahun lalu.

Israel adalah salah satu dari sejumlah kecil negara di dunia yang mengoperasikan satelit mata-mata yang memberikan kemampuan pengumpulan informasi intelijen tingkat lanjut.

https://www.kompas.com/global/read/2023/03/29/114500770/israel-luncurkan-satelit-mata-mata-lebih-canggih-dari-sebelumnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke