Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Rangkuman Hari Ke-315 Serangan Rusia ke Ukraina: Ponsel Penyebab Gempuran di Makiivka | Perancis Janji Kirim Tank

Keterangan Kemenhan Rusia tersebut diumumkan ketika perang di Ukraina memasuki hari ke-315 pada Rabu (4/1/2023).

Pada hari yang sama, Presiden Perancis Emmanuel Macron berjanji mengirim tank ke Ukraina usai berbicara dengan Presiden Volodymyr Zelensky.

Rangkuman perang Rusia-Ukraina terkini dapat Anda baca selengkapnya di bawah ini.

1. Komandan Rusia disebut tidak becus usai serangan di Makiivka

Kelompok nasionalis Rusia melontarkan kritik keras setelah puluhan tentara Rusia tewas dihantam serangan roket Ukraina.

Sebanyak 89 tentara Rusia tewas akibat serangan roket Ukraina di Makiivka, daerah di wilayah Donetsk yang dikuasai Moskwa, saat Malam Tahun Baru.

Kementerian Pertahanan (Kemhan) Rusia mengatakan, faktor utama dari serangan roket Ukraina itu karena ada tentara Rusia yang menggunakan ponsel secara ilegal.

Kemenhan Rusia menambahkan, ada aturan bahwa tentaranya dilarang menggunakan ponsel di medan perang, sebagaimana dilansir Reuters, Rabu (4/1/2023).

Baca selengkapnya di sini.

2. Penjelasan Kemenhan Rusia soal ponsel jadi penyebab serangan di Makiivka

Kemenhan Rusia menjelaskan aturan tentaranya dilarang menggunakan ponsel di medan perang, sebagaimana dilansir Reuters, Rabu (4/1/2023).

“Sudah jelas bahwa alasan utama dari apa yang terjadi adalah pengaktifan dan penggunaan, bertentangan dengan larangan, ponsel dari personel di zona jangkauan senjata musuh,” kata Kemenhan Rusia.

“Faktor ini memungkinkan musuh dapat melacak dan menentukan koordinat lokasi tentara untuk serangan misil,” sambungnya.

Reuters melaporkan, serangan roket terjadi tepat setelah malam pergantian tahun di  bangunan sekolah yang diubah menjadi markas militer.

Baca selengkapnya di sini.

3. Presiden Perancis janji kirim tank ke Ukraina

Perancis akan menjadi negara Barat pertama yang mengirim tank ke Ukraina, menurut pengumuman kantor kepresidenan negara itu pada Rabu (4/1/2023).

Rencana ini diumumkan setelah pembicaraan antara Presiden Perancis Emmanuel Macron dan Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky.

Langkah untuk memasok tank AMX-10 RC buatan Perancis--model tank ringan yang beroperasi sejak 1980-an--merupakan perubahan signifikan dalam dukungan militer Perancis untuk Ukraina.

Paris sudah mengirimkan artileri canggih, kendaraan lapis baja pengangkut personel, rudal anti-pesawat, dan sistem pertahanan udara ke Ukraina.

4. AS tanggapi serangan Ukraina di Makiivka

Amerika Serikat menanggapi jatuhnya banyak korban massal tentara Rusia dalam serangan Ukraina yang dilaporkan menggunakan artileri dari AS, kata Juru bicara Dewan Keamanan Nasional John Kirby, Rabu (4/1/2023)

"(Tidak ada) penyesalan sama sekali oleh pemerintah. Ini perang. Mereka diserang dan mereka (Ukraina) menyerang balik dan membela diri," kata Kirby. "Tentara Rusia di wilayah mereka adalah target sah untuk aksi militer Ukraina, titik."

https://www.kompas.com/global/read/2023/01/05/074800870/rangkuman-hari-ke-315-serangan-rusia-ke-ukraina--ponsel-penyebab-gempuran

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke