Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

2 Intel Pakistan Ditembak Mati di Pinggir Jalan, Dikenal Sering Tangkap Anggota Kelompok Bersenjata

ISLAMABAD, KOMPAS.com – Dua petugas dinas intelijen Pakistan ditembak mati oleh pria bersenjata di pinggir jalan.

Kedua intel tersebut ditembak mati di luar sebuah restoran pinggir jalan di timur Pakistan, sebagaimana dilansir Al Jazeera, Rabu (4/1/2023).

Murtaza Bhatti, seorang perwira polisi senior di Distrik Khanewal, Provinsi Punjab, mengatakan bahwa pembunuhan itu terjadi pada Selasa (3/1/2023).

Bhatti menuturkan, pembunuhan tersebut ketika kedua intel sedang memarkirkan kendaraan mereka.

Al Jazeera melaporkan, sejauh ini belum ada pihak yang mengaku bertanggung jawab atas pembunuhan kedua intel tersebut.

Keduanya dilaporkan sering menangkap anggota Tehreek-e-Taliban Pakistan dan kelompok bersenjata lainnya.

Mereka juga dikenal karena keahliannya dalam menyelidiki dan memecahkan kasus-kasus rumit, termasuk serangan senjata dan bom di Pakistan.

Dia memainkan peran kunci dalam menangkap anggota Tehreek-e-Taliban Pakistan.

Dalam beberapa bulan terakhir, Tehreek-e-Taliban Pakistan meningkatkan serangan terhadap pasukan keamanan setelah secara sepihak mengakhiri gencatan senjata dengan Pemerintah Pakistan pada November 2022.

Tehreek-e-Taliban Pakistan terpisah dengan Taliban Afghanistan, namun keduanya bersekutu.

Menteri Pertahanan Pakistan Khawaja Muhammad Asif mengatakan pada Senin (3/1/2023) bahwa gelombang serangan teroris baru-baru ini di Pakistan berasal dari Taliban Pakistan yang bersembunyi di Afghanistan.

Dia meminta penguasa Taliban Afghanistan untuk menghentikan para milisi kelompok tersebut memanfaatkan tanah mereka untuk menyerang di Pakistan.

Pada Selasa, Juru Bicara Taliban Afghanistan Zabihullah Mujahid mengatakan, Kabul menginginkan hubungan baik dengan semua negara tetangganya, termasuk Pakistan.

Namun, dia juga meminta Islamabad menahan diri untuk tidak membuat pernyataan provokatif yang bisa menimbulkan ketidakpercayaan.

“Emirat Islam Afghanistan menghargai perdamaian dan stabilitas di negaranya, menginginkan perdamaian dan stabilitas di seluruh kawasan dan melanjutkan upayanya dengan cara ini,” kata Mujahid.

Dia menambahkan, Taliban mencoba yang terbaik untuk memastikan bahwa wilayah Afghanistan tidak digunakan untuk melawan Pakistan atau negara lain.

https://www.kompas.com/global/read/2023/01/04/173100970/2-intel-pakistan-ditembak-mati-di-pinggir-jalan-dikenal-sering-tangkap

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke