Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Piala Dunia: Timnas Iran Nyanyikan Lagu Kebangsaan Usai Sempat Bungkam, Suporter Menangis

Sebelumnya, saat pertandingan pertama kontra Inggris mereka tidak menyanyikannya dan para pemain memasang raut wajah tanpa ekspresi.

Aksi pada Senin (21/11/2022) tersebut dilakukan sebagai solidaritas terhadap pengunjuk rasa anti-pemerintah di Iran.

Seorang fotografer AFP di stadion pada Jumat (25/11/2022) menyaksikan staf keamanan menyita bendera dari seorang suporter dengan slogan protes "Woman, Life, Freedom" (Perempuan, Kehidupan, Kebebasan).

Beberapa suporter Iran terlihat menangis saat menyanyikan lagu kebangsaan.

Penyerang timnas asuhan Carlos Queiroz tersebut, Mehdi Taremi, pada Kamis (24/11/2022) membantah bahwa timnya berada di bawah tekanan pemerintah Iran untuk menyanyikan lagu kebangsaan di Piala Dunia.

"Saya tidak suka berbicara tentang masalah politik, tetapi kami tidak berada di bawah tekanan apa pun," kata Taremi menjelang pertandingan lawan Wales.

Iran diguncang protes nasional selama dua bulan sejak kematian Mahsa Amini, perempuan berusia 22 tahun yang ditahan polisi moral pada 16 September 2022.

Mahsa Amini meninggal tiga hari setelah penangkapannya di Teheran atas dugaan pelanggaran aturan berpakaian bagi perempuan, termasuk kewajiban berjilbab.

Tindakan keras sejak kematian Amini telah menewaskan sedikitnya 400 orang, menurut kelompok Hak Asasi Manusia Iran yang berbasis di Oslo.

https://www.kompas.com/global/read/2022/11/25/193300570/piala-dunia--timnas-iran-nyanyikan-lagu-kebangsaan-usai-sempat-bungkam

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke