Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Menhan AS Lloyd Austin Akan Kunjungi Kanada, Indonesia, dan Kamboja

Di Nova Scotia, Kanada, Austin akan menyampaikan pidato utama di Forum Keamanan Internasional Halifax (Halifax International Security Forum) 2022, dengan mengetengahkan pokok-pokok upaya Departemen Pertahanan dalam membangun arsitektur keamanan yang lebih tangguh bersama para Sekutu dan mitra di seluruh Indo-Pasifik dan Eropa.

Menhan Austin juga akan bertemu Menteri Pertahanan Kanada Anita Anand untuk membahas hubungan pertahanan yang erat antara AS dan Kanada, serta pentingnya investasi strategis dalam kapabilitas pertahanan.

Selanjutnya, Menhan Austin akan melakukan perjalanan ke Jakarta, dan bertemu dengan para pemimpin senior pemerintahan dan militer.

Dikutip dari siaran pers Kedutaan Besar Amerika Serikat, AS dan Indonesia sedang memetakan arah jalan dalam kemitraan pertahanan.

Kunjungan Menhan Austin disebut akan mendorong kemajuan prakarsa bilateral yang utama guna mendukung interoperabilitas, pengembangan kemampuan, serta profesionalisasi dan modernisasi Tentara Nasional Indonesia.

  • Menhan Prabowo Bertemu Menhan AS di Pentagon, Ini yang Dibahas
  • Menhan Ukraina ke Tentara Rusia: Letakkan Senjata, Kalian Bisa Hidup dan Selamat
  • Diberhentikan Sementara dari PM Thailand, Prayuth Ambil Peran Menhan

Terakhir, di Kamboja, Menhan Austin akan berpartisipasi dalam Pertemuan Menteri Pertahanan ASEAN (ADMM)-Plus ke-9, bersama sepuluh negara anggota ASEAN dan delapan mitra dialog.

Partisipasi tatap muka pertama Menhan Austin di forum tersebut, yang sebelumnya dilakukan secara virtual pada saat pandemi Covid-19, melanjutkan tradisi kehadiran Menteri Pertahanan AS di ADMM-Plus.

Di sela-sela ADMM-Plus, Menhan Austin akan mengadakan kegiatan multilateral informal dengan rekan sejawat dari ASEAN dan bertemu dengan para rekan sejawatnya dari Kamboja dan berbagai negara mitra.

Keikutsertaan kali ini akan menggarisbawahi langkah penting yang diambil Dephan bersama para Sekutu dan mitra untuk menghadirkan stabilitas, transparansi, dan keterbukaan yang lebih di kawasan Indo-Pasifik.

https://www.kompas.com/global/read/2022/11/18/213100470/menhan-as-lloyd-austin-akan-kunjungi-kanada-indonesia-dan-kamboja

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke