Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

IAEA: Tahan Napas, Korea Utara Akan Uji Coba Bom Nuklir

"Semua orang menahan napas tentang ini, karena uji coba nuklir lain akan menjadi konfirmasi lain dari program yang sedang bergerak maju, dengan cara yang sangat, sangat memprihatinkan," kata kepala IAEA Rafael Grossi setelah bertemu dengan Dewan Keamanan Dunia PBB di Ukraina.

"Tes lebih lanjut, tentu saja, berarti mereka menyempurnakan persiapan dan pembangunan gudang senjata mereka," lanjutnya kepada wartawan, dikutip dari kantor berita AFP.

"Jadi kami mengikuti ini dengan sangat, sangat dekat. Kami berharap itu tidak terjadi, tetapi sayangnya indikasinya mengarah ke arah lain," imbuh Grossi.

Amerika Serikat (AS) sudah memperingatkan setidaknya sejak April bahwa Korea Utara sedang bersiap melakukan uji coba bom nuklir setelah jeda lima tahun.

Uji coba akan terjadi setelah Korea Utara menunjukkan berbagai kemampuan rudal balistik jarak pendek dan jarak jauh yang membuat negara-negara tetangga seperti Korea Selatan dan Jepang sangat khawatir.

Namun, Grossi merasa uji coba nuklir Korea Utara akan segera terjadi.

"Kami melihat persiapan, kami melihat banyak hal, tetapi dalam hal tingkatan yang akan segera terjadi, tidak," jawabnya.

https://www.kompas.com/global/read/2022/10/28/140100670/iaea--tahan-napas-korea-utara-akan-uji-coba-bom-nuklir

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke