Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Jumlah Orang Rusia yang Masuk Finlandia Naik 2 Kali Lipat Usai Mobilisasi Parsial Putin

"6.470 orang Rusia tiba di Finlandia melintasi perbatasan darat pada Kamis," dibandingkan dengan 3.100 entri pada awal minggu, kata juru bicara penjaga perbatasan kepada AFP.

Namun, jumlah tersebut lebih rendah dibandingkan sebelum pandemi Covid-19.

"Kami sekarang menggunakan 70 persen dari lalu lintas yang kami miliki tahun 2019 pada waktu yang sama," kata Elias Laine wakil kepala penyeberangan perbatasan Vaalimaa dikutip dari AFP.

Angka pada Jumat (23/9/2022) menunjukkan sedikit kenaikan tetapi tidak ada perubahan besar, lanjutnya.

Pada Kamis (22/9/2022), Perdana Menteri Sanna Marin mengatakan bahwa "Perjalanan dan wisata orang Rusia harus dihentikan, termasuk transit melalui Finlandia."

Marin menambahkan, risiko keamanan yang ditimbulkan oleh pelancong Rusia harus dievaluasi kembali setelah Moskwa mengumumkan mobilisasi.

"Negara-negara lain, misalnya negara Baltik, Polandia, menggunakan risiko keamanan ini sebagai argumen mencegah orang datang," ujarnya seraya menambahkan bahwa Finlandia perlu melakukan penilaian.

Finlandia secara ketat membatasi visa turis untuk Rusia pada September, tetapi mereka terus memasuki negara Nordik itu dengan visa Schengen yang dikeluarkan negara-negara Uni Eropa lainnya di area perjalanan tanpa batas.

https://www.kompas.com/global/read/2022/09/24/105100570/jumlah-orang-rusia-yang-masuk-finlandia-naik-2-kali-lipat-usai-mobilisasi

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke