Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

[POPULER GLOBAL] Rusia Ubah Strategi | PM Mario Draghi Resmi Mundur

Beberapa di antaranya masih berkisar tentang pasokan senjata dan pengiriman gas. Ada pula kabar dari mundurnya Perdana Menteri Italia Mario Draghi.

Berikut rangkuman selengkapnya.

1. Rusia Ubah Strategi Setelah Pasokan Senjata Barat Terus Masuk Ukraina

Menteri Luar Negeri Rusia Sergei Lavrov pada Rabu (20/7/2022) mengatakan, pasokan senjata Barat yang terus mengalir ke Ukraina mengubah perhitungan Kremlin.

Ia menerangkan, tujuan militer Rusia di Ukraina sekarang tidak lagi hanya berfokus di wilayah timur.

"Geografinya berbeda sekarang. Ini bukan hanya tentang DNR dan LNR, tetapi juga Kherson, Zaporizhzhia, dan sejumlah wilayah lainnya," kata Lavrov kepada media pemerintah dalam wawancara yang diterbitkan pada Rabu (20/7/2022).

"Proses ini terus berlanjut, konsisten, dan terus-menerus," lanjutnya dikutip dari kantor berita AFP.

Baca selengkapnya di sini.

2. Rusia Lanjutkan Pengiriman Gas ke Eropa via Pipa Nord Stream

Rusia pada Kamis (21/7/2022) melanjutkan pengiriman gas ke Eropa melalui pipa Nord Stream setelah dihentikan selama 10 hari karena perawatan rutin.

"Sudah bekerja," kata juru bicara Nord Stream dikutip dari kantor berita AFP, tanpa menyebutkan jumlah gas yang dikirim.

Pemerintah Jerman sempat khawatir Rusia tidak akan membuka lagi pipa gas Nord Stream setelah perbaikan terjadwalnya selesai. Mereka juga yakin Rusia mengurangi pasokan sebagai balasan sanksi Barat atas invasi Rusia ke Ukraina.

Baca selengkapnya di sini.

3. PM Mario Draghi Resmi Mundur, Italia Terjerumus Kekacauan Politik

Perdana Menteri Italia Mario Draghi resmi menyerahkan surat pengunduran diri kepada Presiden Italia Sergio Mattarella pada Kamis (21/7/2022).

Draghi resmi mundur setelah pemerintah koalisi runtuh, menjerumuskan negara itu ke dalam kekacauan politik dan memukul pasar keuangan.

Kantor Mattarella mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa presiden telah menerima pengunduran diri tersebut dan meminta Draghi tetap menjabat sebagai pelaksana tugas untuk sementara.

Baca selengkapnya di sini.

4. UPDATE Gelombang Panas Eropa, 500 Orang Tewas akibat Suhu Ekstrem di Spanyol

Perdana Menteri Spanyol mengatakan, lebih dari 500 orang tewas selama gelombang panas 10 hari saat Eropa menghitung dampak dari rekor periode suhu ekstrem.

Para pengunjuk rasa perubahan iklim mengatakan, cuaca yang terik harus menjadi peringatan bagi benua itu.

"Ini tidak ada hubungannya dengan ideologi, tetapi dengan kenyataan, dengan keadaan darurat iklim yang dialami planet ini," kata Perdana Menteri Spanyol Pedro Sanchez, sebagaimana dilansir Al Jazeera pada Rabu (20/7/2022).

Baca selengkapnya di sini.

https://www.kompas.com/global/read/2022/07/22/060417370/populer-global-rusia-ubah-strategi-pm-mario-draghi-resmi-mundur

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke