Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Amnesty: Rusia Lakukan Kejahatan Perang di Kharkiv, Bunuh Warga Sipil Tanpa Pandang Bulu

KHARKIV, KOMPAS.com - Amnesty International pada Senin (13/6/2022) mengatakan, penembakan tanpa henti Rusia terhadap Kota Kharkiv di Ukraina timur dengan bom tandan dan ranjau darat yang tersebar adalah kejahatan perang yang membunuh ratusan warga sipil tanpa pandang bulu.

Kota terbesar kedua di Ukraina, Kharkiv, berada di bawah pengeboman hampir terus-menerus sejak awal invasi Rusia ke Ukraina pada 24 Februari hingga pasukan Ukraina mendorong Rusia menjauh dari kota itu pada Mei.

Ukraina mengatakan 606 warga sipil tewas di sana dan 600.000 dievakuasi.

Amnesty mengatakan bahwa mereka telah menemukan selama 14 hari penyelidikan pada bulan April dan awal Mei bukti bahwa Rusia telah menggunakan bom tandan dan ranjau yang tersebar di Kharkiv.

"Pengeboman berulang terhadap lingkungan perumahan di Kharkiv adalah serangan membabi buta yang menewaskan dan melukai ratusan warga sipil, dan dengan demikian merupakan kejahatan perang," kata Amnesty dalam sebuah laporan, dilansir dari Reuters.

Kementerian Pertahanan Rusia tidak menanggapi permintaan Reuters untuk mengomentari laporan Amnesty.

Di masa lalu, Rusia membantah menargetkan warga sipil dan menuduh Ukraina memalsukan bukti kejahatan perang.

Baik Rusia maupun Ukraina tidak menandatangani perjanjian internasional yang melarang bom tandan.

"Tetapi penggunaan senjata semacam itu masih merupakan kejahatan perang jika diterapkan tidak pandang bulu dan membunuh atau membahayakan warga sipil," kata Konsultan riset Amnesty International Jean-Baptiste Gallopin kepada Reuters.

Sebagai contoh, dia mengutip serangan bom tandan di taman bermain di Jalan Mira Kharkiv, yang katanya menewaskan sembilan orang dan melukai 35 orang.

Gallopin mengatakan Amnesty juga menemukan bahwa pasukan Ukraina telah melanggar hukum humaniter internasional dengan menempatkan artileri di dekat bangunan tempat tinggal, menarik tembakan Rusia.

Meski demikian, dia tidak membenarkan langkah Rusia karena melakukan penembakan ke wilayah kota tanpa pandang bulu.

Kementerian Pertahanan Ukraina tidak dapat dihubungi untuk memberikan komentar segera.

https://www.kompas.com/global/read/2022/06/14/142600470/amnesty--rusia-lakukan-kejahatan-perang-di-kharkiv-bunuh-warga-sipil

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke