Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

[KABAR DUNIA SEPEKAN] Pria yang Temukan Puing Pesawat Malaysia MH370 Dibombardir Ancaman Pembunuhan | Bentrok Penambang Emas Tewaskan 100 Orang

KOMPAS.com - Kabar mengenai pria temukan puing-puing pesawat Malaysia Airline MH370 namun dibombardir ancaman pembunuhan menjadi berita yang paling banyak dibaca selama sepekan terakhir dari kanal Global.

Di belahan Benua Afrika, terjadi bentrokan yang menewaskan 100 orang di sebuah tambang emas di Chad.

Berikut kami rangkumkan berita internasional terpopuler selama sepekan dari Kompas.com edisi Senin (30/5/2022) hingga Minggu (5/6/2022).

1. Pria yang Temukan Puing-puing Pesawat Malaysia MH370 Dibombardir Ancaman Pembunuhan

Blaine Gibson, pria Australia yang melacak puing pertama dari maskapai Malaysia Airline MH370 yang hilang pada 2014, mengaku dibombardir ancaman pembunuhan setelah meluncurkan operasi penyelidikan atas insiden itu.

Sejak awal, penyelidikan independen Blaine Gibson telah mendapat apresiasi keluarga dari 239 korban.

Blaine mengatakan, dia takut seseorang yang berusaha mencegah ditemukannya Malaysia Airline MH370 mungkin akan melakukan tindakan kekerasan terhadapnya.

Anda bisa menyimak berita ini selengkapnya di sini.

2. Bentrok Penambang Emas Tewaskan 100 Orang, Berawal dari Pertikaian 2 Warga

Sekitar 100 orang tewas dalam bentrokan antara penambang emas di Chad utara, kata Menteri Pertahanan Jenderal Daoud Yaya Brahim pada Senin (30/5/2022).

Bentrokan pecah pada 23 Mei di Kouri Bougoudi dekat perbatasan Libya, yang dipicu oleh perselisihan biasa antara dua orang yang tersulut emosinya, kata Daoud Yaya.

Ia menambahkan, jumlah korban sekitar 100 tewas dan sedikitnya 40 luka-luka.

Bagaimana kelanjutan beritanya? Baca di sini.

3. Lukisan Mona Lisa Dilempar Kue, Pelaku Pura-pura Gunakan Kursi Roda untuk Mendekat

Lukisan Mona Lisa dilempar kue oleh pengunjung hingga "tercoreng" krim putih pada Minggu (29/5/2022), meskipun faktanya kue itu hanya mengotori kaca yang melindungi karya Leonardo da Vinci di Museum Louvre di Paris.

Menurut keterangan saksi, pelaku adalah seorang pria yang menyamar sebagai wanita tua menggunakan wig dan kursi roda.

Tamu-tamu lain terkejut ketika pelaku tiba-tiba berdiri dari kursi rodanya, berjalan mendekati La Gioconda (nama lain Mona Lisa), lalu melemparkan kue ke arah lukisan itu.

Baca selengkapnya di sini.

4. Penampakan Kota Berusia 3.400 Tahun yang Muncul dari Dasar Sungai Tigris Setelah Kekeringan

Sebuah tim arkeolog berjuang untuk menyelidiki sebuah kota berusia 3.400 tahun sebelum menghilang lagi setelah muncul dari dasar Sungai Tigris di Irak yang mengalami kekeringan.

Reaksi cepat itu memungkinkan ahli menemukan lebih dari 100 tablet tanah liat kuno.

Satu peneliti melabeli penemuan itu dan fakta bahwa benda-benda tersebut mampu bertahan di bawah air begitu lama sebagai keajaiban.

Simak selengkapnya melalui tautan ini.

5. Tanaman Terbesar di Dunia Ditemukan, Luasnya Sebesar Kota Depok

Tanaman terbesar di dunia berupa lamun Posidonia yang berukuran kira-kira 20.000 lapangan sepak bola telah ditemukan di lepas pantai Australia.

Menggunakan pengujian genetik, para ilmuwan telah menentukan padang rumput bawah laut besar di Australia Barat, yang sebenarnya adalah satu tanaman.

Tanaman ini diyakini telah menyebar dari satu benih selama setidaknya 4.500 tahun.

Baca selengkapnya di sini.

6. Zelensky: Rusia Kuasai 20 Persen Wilayah Ukraina, Setara Gabungan 3 Negara

Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky pada Kamis (2/6/2022) mengatakan, Rusia sudah menguasai sekitar seperlima dari negara pimpinannya.

Wilayah-wilayah Ukraina yang dikuasai Rusia termasuk tanah-tanah yang diperoleh atas invasi Moskwa, semenanjung Crimea yang dicaplok, dan wilayah yang dikuasai oleh separatis dukungan Rusia.

"Hari ini, sekitar 20 persen wilayah kami berada di bawah kendali penjajah," kata Zelensky dalam pidatonya kepada anggota parlemen di Luksemburg, dikutip dari AFP.

Baca selengkapnya di sini.

https://www.kompas.com/global/read/2022/06/06/054500570/-kabar-dunia-sepekan-pria-yang-temukan-puing-pesawat-malaysia-mh370

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke