Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

5 Orang Tewas Saat Arab Saudi dan Pemberontak Yaman Saling Serang

JAZAN, KOMPAS.com - Dua orang tewas di Arab Saudi dalam serangan proyektil yang dituduhkan dilakukan oleh pemberontak Houthi di Yaman pada Jumat (24/12/2021).

Sementara tiga orang tewas di Yaman dalam serangan udara oleh koalisi pimpinan Arab Saudi.

Dikutip dari Kantor Berita AFP, Sabtu (15/12/2021), Direktorat Jenderal Pertahanan Sipil Arab Saudi mengatakan bahwa dua orang di Arab Saudi yang tewas akibat serangan tersebut adalah satu warga Arab Saudi dan satunya adalah warga Yaman.

Selain menyebabkan korban tewas, serangan proyektil di Kota Jazan, wilayah selatan Arab Saudi yang berbatasan dengan Yaman juga menyebabkan tujuh orang lainnya terluka.

Dari tujuh orang yang terluka, enam di antaranya adalah warga Arab Saudi dan satu orang merupakan warga negara Bangladesh.

"Sebuah proyektil militer jatuh di sebuah toko komersial di jalan utama, mengakibatkan dua kematian," kata Pertahanan Sipil Arab Saudi dalam sebuah pernyataan.

Di Yaman, petugas medis mengatakan tiga orang tewas dan enam lainnya terluka dalam serangan udara koalisi pimpinan Arab Saudi di Ajama, sebuah kota di barat laut ibu kota yang dikuasai pemberontak Sanaa.

"Tiga warga sipil termasuk seorang anak dan seorang wanita tewas, dan enam lainnya terluka," kata petugas medis kepada AFP.

Houthi di Yaman dilaporkan selama ini secara teratur meluncurkan rudal dan pesawat tak berawak ke negara tetangga Arab Saudi yang menargetkan bandara dan infrastruktur minyaknya.

Namun, insiden terbaru menandai pertama kalinya dalam beberapa bulan bahwa serangan kelompok pemberontak Huthi di Arab Saudi telah mengakibatkan korban jiwa.

PBB memperkirakan perang Yaman akan merenggut 377.000 nyawa pada akhir tahun melalui dampak langsung dan tidak langsung.

Lebih dari 80 persen penduduk Yaman yang berjumlah sekitar 30 juta membutuhkan bantuan kemanusiaan.

https://www.kompas.com/global/read/2021/12/25/150000070/5-orang-tewas-saat-arab-saudi-dan-pemberontak-yaman-saling-serang

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke