Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Milisi Iran Bikin Video Game dengan George Floyd Jadi Pahlawannya

Game 3D berjudul Nejat-e-Azadi (Pertahankan Kebebasan) itu dikembangkan oleh departemen TI Basij. Pemain harus mengatasi rintangan dan menghindari musuh di 30 tingkat kesulitan.

Saheb News Iran yang dekat dengan Basij mengatakan, video game itu dipresentasikan pada Selasa (23/11/2021) saat konferensi produksi digital yang diadakan di Teheran.

Pembunuhan George Floyd yang berusia 46 tahun pada Mei 2020 memicu demonstrasi terbesar Amerika untuk keadilan rasial dalam beberapa dekade.

Polisi Minneapolis, Derek Chauvin, pria kulit putih berusia 45 tahun, dijatuhi hukuman lebih dari 22 tahun penjara karena membunuh Floyd dengan berlutut di lehernya selama hampir 10 menit.

Dia dan tiga rekannya menangkap Floyd karena dicurigai menggunakan uang kertas 20 dollar AS palsu di sebuah toko di Minneapolis. Mereka memborgolnya dan menjepitnya di jalan.

"Hari ini, satu-satunya tempat di mana Amerika Serikat masih bisa menunjukkan kekalahannya sebagai kemenangan adalah di internet," kata kepala Basij, Gholamreza Soleimani, yang hadir untuk acara tersebut, seperti dikutip AFP.

Setidaknya ada 32 juta gamers di populasi Iran yang berjumlah lebih dari 80 juta, menurut laporan dari Iran Computer and Video Games Foundation.

https://www.kompas.com/global/read/2021/11/29/175514770/milisi-iran-bikin-video-game-dengan-george-floyd-jadi-pahlawannya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke