Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Swiss Gelar Referendum Usai Muncul Varian Omicron, Rakyat Setuju Pemakaian "Covid Pass"

Tak lama setelah pemungutan suara ditutup pada siang hari (pukul 11.00 GMT), peneliti pasar GFS Bern yang menggelar polling memproyeksikan, 63 persen pemilih mendukung dengan suara "ya".

Undang-undang ini memberikan dasar hukum untuk Covid Pass, sertifikat yang menunjukkan seseorang telah divaksinasi atau sudah pulih dari penyakit tersebut, sejenis PeduliLindungi di Indonesia.

Sebaliknya para penentang mengatakan, Covid Pass yang telah diterapkan sejak September untuk masuk restoran dan kegiatan dalam ruangan lainnya, menciptakan sistem "apartheid".

Seperti di sebagian besar Eropa, Swiss dilanda pro dan kontra yang meningkat atas pembatasan yang bertujuan mengekang penyebaran Covid-19, dan tekanan agar orang-orang divaksinasi.

Namun di Swiss yang referendumnya berlangsung setiap beberapa bulan secara sopan dan debatnya terukur, ketegangan di TPS adalah sesuatu yang mengejutkan.

Kantor berita AFP melaporkan, polisi sampai meningkatkan keamanan di sekitar beberapa politisi yang menghadapi banjir hinaan bahkan ancaman pembunuhan.

Untuk mengantisipasi protes atas hasil referendum, polisi telah memagari kursi pemerintah dan parlemen di Bern.

Pengamat memperingatkan, pemungutan suara itu dapat memperburuk ketegangan, dan memicu reaksi keras dari pihak yang kalah.

Referendum Swiss diwarnai protes berulang kali, yang sering dipimpin oleh Freiheitstrychler, atau "suara kebebasan", yaitu pria mengenakan kemeja putih bersulam bunga edelweiss dengan dua lonceng sapi besar yang digantung di kuk yang diletakkan di bahu mereka.

Beberapa demonstrasi menyebabkan bentrokan keras dengan polisi, yang menggunakan peluru karet dan gas air mata untuk mengendalikan massa.

Referendum dilakukan ketika muncul Covid-19 varian Omicron yang mengkhawatirkan.

Varian Omicron pertama kali terdeteksi di selatan Afrika dan diklasifikasikan sebagai varian yang menjadi perhatian oleh Badan Kesehatan Dunia (WHO).

https://www.kompas.com/global/read/2021/11/29/121228870/swiss-gelar-referendum-usai-muncul-varian-omicron-rakyat-setuju-pemakaian

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke