Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Kisah Misteri “Gua Neraka” Tempat Lahirnya Pesta Halloween

KOMPAS.com - Gundukan besar di tengah ladang pertanian di Roscommon Irlandia ternyata menyimpan kisah misteri yang terus dikenang hingga saat ini sebagai perayaan Halloween.

Ladang itu saat ini digunakan sebagai tempat merumput domba-domba milik para peternak. Namun ternak ini mungkin tidak bisa berkeliaran dengan bebas, atau mengunyah rumput di bawah kaki mereka, ketika berada di lokasi yang sama 2.000 tahun yang lalu.

Ronan O’Connell dalam tulisannya di National Geographic mengatakan hewan-hewan itu mungkin akan kaku karena ketakutan, sembari diangkat tinggi-tinggi diiringi nyanyian oleh kultus pemujaan berkostum.

Ritual itu diadakan ribuan tahun lalu untuk setan Celtic, yang menghuni gua neraka Oweynagat di dekatnya.

Oweynagat (diucapkan "Oen-na-gat" dan berarti "gua kucing") oleh bangsa Celtic kuno dianggap sebagai bagian antara Irlandia dan "dunia lain" yang dipenuhi setan.

Menurut arkeolog Irlandia, Daniel Curley, dari tempat itulah lahir festival Samhain, akar kuno dari perayaan Halloween.

Tapi ritual Celtic kuno dulu sangat jauh dari perayaan Halloween saat ini, yang dikenal sebagai perayaan yang ramah untuk anak-anak berkeliling kompleks rumah di malam hari.

Cikal bakal Halloween ini mengacu pada ritual berdarah dan menakutkan di Rathcroghan, bekas pusat Celtic. Lokasi ini kini terkubur di bawah tanah pertanian County Roscommon Irlandia.

Di jantung Rathcroghan, di gundukan monumental itu, hewan dikorbankan di kuil persembahan selama festival Samhain.

Sekarang Irlandia mendorong status Warisan Dunia UNESCO untuk Rathcroghan ("Rath-craw-hin"), sebuah lokasi penuh misteri berusia 5.500 tahun yang perlahan-lahan rahasianya dipecahkan oleh para ilmuwan dan sejarawan.

Ritual musiman

Lahan pertanian subur, Rathcroghan dilaporkan memiliki 240 situs arkeologi yang tersebar di 2,5 mil persegi wilayahnya.

Mulai dari gundukan pemakaman hingga benteng cincin, situs batu berdiri, pekerjaan tanah linier, tempat perlindungan ritual Zaman Besi, dan Oweynagat, yang disebut "gerbang ke neraka" atau gua neraka.

Lebih dari 2.000 tahun yang lalu, paganisme adalah praktik dominan di antara mayoritas orang Celtic Irlandia. Dan di Rathcroghan inilah festival Tahun Baru Celtic Samhain lahir.

Pada 1800-an, tradisi Samhain dibawa oleh imigran Irlandia ke Amerika Serikat, di mana ini berubah menjadi pesta penuh permen atau Halloween Amerika.

Sementara bagi bangsa Celtic kuno, festival tanggal 31 Oktober merupakan bagian dari ritus perayaan musim tahunan yang dikenal sebagai Samhain.

Total ada empat perayaan dalam satu tahun menurut Celtic kuno. Imbolc, pada 1 Februari, adalah festival musim semi yang bertepatan dengan musim beranak.

Bealtaine, pada 1 Mei, menandai akhir musim dingin dan melibatkan kebiasaan seperti mencuci muka dengan embun, memetik bunga mekar pertama, dan menari di sekitar pohon yang dihias.

1 Agustus menandai Lughnasadh, festival panen yang didedikasikan untuk dewa Lugh dan dipimpin oleh raja-raja Celtic. Kemudian, 31 Oktober datanglah Samhain, ketika satu tahun berakhir dan tahun lainnya dimulai.

Menyamar seperti hantu

Rathcroghan bukanlah kota, karena Connaught tidak memiliki pusat kota yang layak, dan terdiri dari rumah pedesaan yang tersebar. Sebaliknya, itu adalah tempat pertemuan kerajaan dan tempat utama untuk festival ini.

Selama Samhain, khususnya, Rathcroghan adalah "sarang aktivitas", yang berfokus pada kuilnya yang ditinggikan dan dikelilingi oleh kuburan elite Connachta.

Pada acara meriah itu, penduduk berdagang, berpesta, bertukar hadiah, bermain game, mengatur pernikahan, dan mengumumkan deklarasi perang atau damai.

Di saat yang sama pengunjung festival juga membuat persembahan ritual. Hadiah-hadiah itu ditujukan kepada roh-roh dunia bawah Irlandia.

Dimensi bawah tanah yang suram itu, juga dikenal sebagai Tir na nOg (“Teer-na-nohg”), dan diyakini dihuni oleh setan, peri, dan leprechaun Celtic.

Selama Samhain, penduduk percaya beberapa setan ini melarikan diri melalui gua Oweynagat. Samhain disebut sebagai momen ketika dinding tak terlihat antara dunia hidup dan dunia lain menghilang.

Ketika itu, sejumlah besar binatang buas dunia lain yang menakutkan dipercaya muncul untuk merusak wilayah di sekitarnya dan membuatnya siap untuk musim dingin.

Bangsa Celtic pun melindungi diri mereka dari bahaya fisik dengan menyalakan api ritual di puncak bukit. Dalam festival itu penduduk bersyukur atas usaha pertanian kepada roh-roh ini, tetapi juga waspada akan menjadi korban dari kemarahan mereka.

Untuk menghindari diseret jauh ke Tir na nOg oleh iblis, bangsa Celtic kuno akan menyamar sebagai sesama hantu. Dua milenium kemudian, anak-anak muda di seluruh dunia mengikuti tradisi ini pada Halloween.

Kerajaan Tertimbun

Terlepas dari legenda yang menarik ini, orang dapat dengan mudah melewati Rathcroghan dan tidak melihat apa pun kecuali padang rumput.

Dihuni selama lebih dari 10.000 tahun, Irlandia begitu padat dengan peninggalan sejarah sehingga banyak yang sebagian besar atau seluruhnya tidak diperhatikan.

Beberapa tersembunyi di bawah tanah, dan telah ditinggalkan berabad-abad yang lalu dan kemudian perlahan-lahan dikonsumsi oleh alam.

Situs itu termasuk Rathcroghan, yang menurut beberapa ahli mungkin merupakan kompleks kerajaan terbesar yang belum digali di Eropa.

Rathcroghan tidak hanya tidak pernah digali, tetapi juga mendahului sejarah tertulis Irlandia. Itu berarti para ilmuwan harus mengumpulkan kisahnya menggunakan teknologi non-invasif dan artefak yang ditemukan di sekitarnya.

Baru pada 1990-an tim peneliti Irlandia menggunakan teknologi penginderaan jauh untuk mengungkap rahasia arkeologi di bawah tanah.

Tukar darah dengan gulali

Kini, para pelancong yang mencari Rathcroghan mungkin akan kesulitan menemukan gua nerakanya. Gua Oweynagat sulit ditelusuri, meskipun merupakan tempat kelahiran Medb, yang diduga adalah ratu paling terkenal dalam sejarah Irlandia, 2.000 tahun yang lalu.

Hampir tidak ada penunjuk arah dan tersembunyi di bawah pepohonan di padang, yang kini tergenang air di ujung jalan buntu satu arah, sekitar seribu meter di selatan gundukan kuil yang jauh lebih mudah diakses.

Pengunjung bebas melompati pagar, berjalan melewati ladang, dan turun ke lorong sempit Oweynagat.

Apakah menghindari setan atau pergi dari rumah ke rumah, bagi Celtic kuno atau anak-anak zaman sekarang, 31 Oktober adalah perayaan besar.

Ada satu perbedaan utama. Dua ribu tahun yang lalu, hantu yang penuh dengan hasrat meluap-luap di Samhain dipuaskan dengan korban hewan. Saat ini, hasrat muda yang berkeliaran di Halloween ditenangkan dengan permen.

Hingga saat ini, masih belum banyak anak-anak yang merayakan Halloween tahu bahwa mereka meniru tradisi prasejarah, yang terkait dengan gua neraka, binatang supernatural, dan kerajaan Celtic yang terkubur.

https://www.kompas.com/global/read/2021/10/28/234500270/kisah-misteri-gua-neraka-tempat-lahirnya-pesta-halloween

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke