Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Surat Wasiat Pangeran Philip Dirahasiakan Selama 90 Tahun, Ini Sebabnya...

Sudah menjadi konvensi selama lebih dari satu abad, bahwa setelah kematian seorang anggota senior Keluarga Kerajaan, pengadilan diminta untuk menyegel surat wasiatnya.

Artinya, tidak seperti kebanyakan surat wasiat lainnya, surat wasiat anggota senior Keluarga Kerajaan tidak akan terbuka untuk pemeriksaan publik.

BBC pada Jumat (17/9/2021) melaporkan, akan ada proses privat dalam 90 tahun untuk memutuskan apakah surat wasiat Pangeran Philip bisa dibuka.

Sidang permohonan untuk menyegel surat wasiat Pangeran Philip juga diadakan secara tertutup pada Juli oleh Sir Andrew McFarlane, hakim paling senior di pengadilan keluarga Kerajaan Inggris.

Sir Andrew berkata, sebagai presiden Divisi Keluarga Pengadilan Tinggi, dia adalah penjaga brankas yang berisi lebih dari 30 amplop, masing-masing berisi surat wasiat dari anggota Keluarga Kerajaan yang sudah meninggal.

Kemudian, untuk pertama kalinya dalam lebih dari 100 tahun, dia menetapkan proses surat wasiat mana yang bisa dipublikasikan.

"Ada kebutuhan untuk meningkatkan perlindungan yang diberikan pada aspek-aspek yang benar-benar pribadi dari kehidupan kelompok individu yang terbatas ini, untuk menjaga martabat Yang Berdaulat dan anggota keluarganya yang dekat," terang Sir Andrew.

Hakim mengatakan, dia tidak melihat surat wasiat Pangeran Philip atau diberitahu apa pun tentang isinya, selain tanggal dibuatnya dan identitas pelaksana yang ditunjuk.

Merinci sejarah keputusan sebelumnya, Sir Andrew mengatakan anggota keluarga pertama yang wasiatnya disegel oleh pengadilan adalah milik Pangeran Francis dari Teck, adik Ratu Mary, yang meninggal pada 1910.

Sir Andrew memaparkan, setelah 90 tahun setiap surat wasiat kerajaan akan dibuka dan diperiksa oleh pengacara pribadi raja, penjaga Arsip Kerajaan, jaksa agung, dan perwakilan pribadi dari orang meninggal yang mungkin masih ada.

Mereka akan memutuskan apakah surat wasiat tersebut dapat dipublikasikan, tetapi Sir Andrew mengatakan beberapa wasiat kerajaan mungkin tidak akan pernah diungkap ke publik, meski hanya sebagian.

https://www.kompas.com/global/read/2021/09/17/095351570/surat-wasiat-pangeran-philip-dirahasiakan-selama-90-tahun-ini-sebabnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke