Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Istana Negara Malaysia Minta Parlemen Ungkap Jumlah Pendukung PM Muhyiddin Yassin

Menurut laporan Malaysiakini, kepala rumah tangga istana sudah mengirim surat kepada ketua parlemen, Datuk Azhar Azizan Harun.

Sumber internal "Negeri Jiran" sebagaimana dikutip The Vibes Kamis (12/8/2021) mengonfirmasi surat itu asli.

Laporan itu menyatakan Azhar, dalam surat bertanggal 3 Agustus, menyebut ada 106 anggota parlemen yang mendukung Muhyiddin.

Hanya saja, jumlah tersebut berkurang dua setelah politisi Organisasi Nasional Melayu Bersatu (UMNO) mundur dari posisi kabinet.

"Istana juga diberi tahu bahwa ada empat anggota Dewan Negara yang mendukung PM Muhyiddin Yassin," jelas surat tersebut.

Hanya saja, Azhar tidak memberikan laporan secara resmi siapa saja yang mendukung PM Malaysia dari koalisi Perikatan Nasional itu.

"Berkaitan dengan isu itu, Istana Negara meminta Dewan Rakyat yang mendukung Muhyiddin dihadirkan di hadapan Yang di-Pertuan Agong," jelas surat itu.

Surat yang ditandatangani kepala rumah tangga kerajaan Ahmad Fadil Shamsuddin meminta Azhar menjawab suratnya secepatnya.

Kabar surat ini muncul setelah pekan lalu, belasan politisi UMNO mencabut dukungan sehingga Muhyiddin kehilangan status mayoritas.

Pada Rabu (10/8/2021), Raja Malaysia Sultan Abdullah disebut meminta Muhyiddin memberikan mosi kepercayaan di hadapan parlemen.

Raja asal Pahang itu mendapat tekanan untuk mendepak Muhyiddin. Namun di sisi lain, dia juga kesulitan mencari kandidat pengganti.

Penyebabnya adalah seluruh tokoh politik Malaysia tidak ada yang menerima dukungan mayoritas menjadi PM selanjutnya.

https://www.kompas.com/global/read/2021/08/13/113938970/istana-negara-malaysia-minta-parlemen-ungkap-jumlah-pendukung-pm

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke