Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Peringatan 30 Tahun Kemerdekaan Ukraina, Ini Agenda Acaranya

Tak lama setelah 1991, sejarah bersama masih menyatukan negara-negara yang memberontak melawan reruntuhan Uni Soviet.

Namun, pada dekade berikutnya, mereka bergerak pada lintasan yang sangat berbeda, dan pengalaman bersama kehilangan arti pentingnya.

Jutaan pemuda Ukraina tidak pernah tinggal di Uni Soviet. Banyak dari mereka sudah membesarkan anak-anaknya.

Gagasan tentang "masa lalu Soviet bersama", yang sudah kehilangan popularitas di kalangan generasi yang lebih tua, hampir tidak memiliki nilai bagi mereka.

Orang-orang muda ini selamat dari dua revolusi - Revolusi Oranye pada 2004 dan Revolusi Martabat 2014 - lalu sekarang hidup dalam perang dengan Rusia.

Sejak 1991, keunikan Ukraina merdeka telah dibentuk oleh kepribadian yang dikenal semua orang di Ukraina, dan berkat itu semua orang tahu tentang Ukraina.

Tentang lukisan, musik, teater, balet, sastra, bioskop, sains, dan olahraga kami. Lobanovskyy, Shevchenko, Stupka, Yaremchuk, Amosov, Paton, Kadenyuk, Bykov, Kvitka Tsisyk dan banyak lainnya.

Di bawah kepemimpinan Presiden Volodymyr Zelenskyy, Ukraina berkomitmen penuh untuk mempercepat transformasi internal.

Pemerintah bertujuan untuk meningkatkan laju integrasi Eropa dan reformasi Euro-Atlantik.

Agenda reformasi Ukraina 2030 didasarkan pada Strategi Ekonomi Nasional 2030 dan  prinsip-prinsip utama yang sejalan dengan nilai-nilai Uni Eropa dan NATO.

Pemerintah telah mengambil beberapa langkah signifikan, termasuk peluncuran bersejarah pasar tanah, yang meningkatkan transparansi dan meningkatkan ekonomi

Keputusan penting lainnya termasuk adopsi dari undang-undang yang telah lama ditunggu-tunggu yang akan membantu membersihkan peradilan dan memainkan peran penting dalam memilih hakim untuk ahli internasional.

"Ukraina sangat penting untuk memastikan kemandirian energi Eropa. Kami berencana untuk terus memainkan peran ini, terlepas dari upaya Rusia untuk melewati sistem transportasi gas Ukraina dengan proyek-proyek seperti Nord Stream 2," tulis Kedutaan Besar Ukraina di Indonesia dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Kamis (5/8/2021).

Ukraina juga disebut memiliki keunggulan, termasuk infrastruktur transportasi gas yang unik, fasilitas penyimpanan gas bawah tanah terbesar ketiga di dunia, dan hampir 23.000 kilometer pipa gas.

Sektor ekonomi Ukraina dikatakan sangat menjanjikan, dari kecepatan digitalisasi hingga sektor pertanian yang kuat, yang berkontribusi pada peran Ukraina sebagai penjamin ketahanan pangan global.

Tahun ini Ukraina merayakan peringatan 30 tahun kemerdekaan dengan tiga acara penting dengan partisipasi mitra internasional:

  • KTT perdana Platform Crimea
  • KTT Kyiv pertama para ibu dan bapak negara
  • Parade militer untuk Hari Kemerdekaan.

Pada malam ulang tahun ke-30 Kemerdekaan Ukraina (23/8/2021), KTT pertama Platform Crimea akan berlangsung.

Hingga saat ini, perwakilan dari Amerika Serikat (AS), Inggris Raya, Polandia, Turki, Perancis, Jerman, negara-negara Baltik, dan negara-negara Uni Eropa lainnya, Australia, Selandia Baru, dan Republik Korea, telah mengonfirmasi partisipasi mereka dalam acara tersebut - total 31 negara.

Setelah KTT, deklarasi bersama direncanakan akan ditandatangani.

Platform Crimea Internasional adalah alat kebijakan luar negeri utama untuk memajukan proses deokupasi Crimea, sekaligus melindungi norma dan prinsip hukum internasional secara global.

Juga pada 23 Agustus, atas prakarsa Ibu Negara Ukraina Olena Zelenska, KTT Ibu dan Bapak Negara Kyiv akan berlangsung di Kyiv untuk pertama kalinya dalam sejarah.

Istri dan suami para pemimpin memainkan peran penting di negara mereka. Pada saat yang sama, kerja sama internasional antara ibu dan bapak negara tidak pernah sistematis.

Ukraina telah mengambil peran utama dan untuk pertama kalinya dalam sejarah menciptakan platform internasional semacam itu.

Bapak dan ibu negara, bersama dengan pakar internasional dan Ukraina, akan membahas tantangan dan solusi saat ini di bidang pendidikan, kesehatan, akses bebas hambatan, serta persamaan hak untuk pria dan wanita.

Kesiapan Ukraina untuk mempertahankan kemerdekaannya, yang telah mereka tunjukkan sejak 2014, akan diperlihatkan dengan parade militer besar-besaran pada 24 Agustus.

Untuk pertama kalinya dalam 30 tahun kemerdekaan, acara direncanakan dengan partisipasi perwakilan dan peralatan militer. semua kekuatan sektor keamanan dan pertahanan Ukraina dan negara-negara mitra.

Untuk pertama kalinya dalam sejarah, pada 30 Juli 2021, Ukraina menerima dokumen strategis sistematis tingkat tertinggi tentang kebijakan luar negeri: Strategi Kebijakan Luar Negeri.

"Ini dikembangkan atas nama Presiden Volodymyr Zelenskyy, dan prioritas utamanya adalah perlindungan diplomatik Ukraina dari agresi Rusia, deokupasi tanah dan rakyat kita, serta membawa Rusia ke tanggung jawab hukum internasional atas kejahatannya," lanjut Kedubes Ukraina.

Lima bidang prioritas kebijakan luar negeri lainnya:

  • Memastikan kedaulatan dan integritas wilayah Ukraina
  • Jalannya keanggotaan UE dan NATO
  • Mempromosikan ekspor Ukraina dan menarik investasi asing
  • Melindungi hak dan kepentingan warga negara Ukraina di luar negeri
  • Mempromosikan citra positif Ukraina di dunia.

Ada banyak hal menarik dalam Strategi. Seluruh konten dapat disistematisasikan pada tiga topik utama:

Secara simbolis pada hari ini presiden mengangkat duta besar yang profesional dan ambisius untuk NATO, Turki, Austria, Indonesia, dan Tanzania (paruh waktu).

Pada 2022 Ukraina akan merayakan 30 tahun terjalinnya hubungan diplomatik dengan Republik Indonesia.

Selama bertahun-tahun, kedua negara telah memperdalam persahabatan mereka dan membangun hubungan kerja sama di berbagai bidang termasuk bidang politik, ekonomi, akademik, dan budaya.

Kerja sama perdagangan dan ekonomi selalu menjadi elemen penting dalam hubungan bilateral antara Ukraina dan Indonesia, terutama selama pandemi, yang menyebabkan penurunan serius dalam perdagangan dunia.

Terlepas dari situasi ekonomi dunia, perdagangan dan kerja sama ekonomi Ukraina-Indonesia ditandai dengan dinamika yang stabil, sehingga Republik Indonesia tetap menjadi mitra dagang terbesar Ukraina di kawasan ini.

Ekspor utama Ukraina ke Indonesia adalah gandum dan produk metalurgi.

Impor barang Indonesia ke pasar Ukraina meningkat signifikan pada semester pertama tahun ini, khususnya minyak sawit dan kakao.

Sektor yang paling menjanjikan untuk memperdalam perdagangan bilateral dan kerja sama ekonomi tetap adalah industri pertanian, teknik militer, energi, metalurgi, teknologi informasi, farmasi, dan makanan.

Untuk mendukung dan meningkatkan tren positif dalam kerja sama ekonomi antara Ukraina dan Indonesia, negosiasi Perjanjian Perdagangan Preferensial antara negara kita yang akan membawa hubungan bilateral ke tingkat yang baru dimulai tahun ini.

"Acara untuk merayakan ulang tahun ke-30 akan menjadi peluang bagus untuk lebih memperdalam dan mengembangkan hubungan baik antara Ukraina dan Indonesia."

"Pemerintah Ukraina dan Indonesia bertekad untuk melakukan upaya yang dapat berkontribusi untuk lebih memperdalam hubungan antara kedua negara melalui peluang tersebut," pungkas keterangan Kedubes Ukraina.

https://www.kompas.com/global/read/2021/08/05/121515670/peringatan-30-tahun-kemerdekaan-ukraina-ini-agenda-acaranya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke