Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Eropa Rekomendasikan Vaksin Covid-19 Moderna untuk Anak Usia 12-17 Tahun

LONDON, KOMPAS.com - Badan Kesehatan Eropa pada Jumat (23/7/2021) telah merekomendasikan penggunaan vaksin Moderna untuk anak usia 12-17 tahun, setelah mengizinkan penggunaan untuk anak 18 tahun.

Regulator obat-obatan Uni Eropa (UE) mengatakan bahwa dalam penelitian lebih dari 3.700 anak-anak usia 12 hingga 17 tahun, menunjukkan bahwa vaksin Covid-19 Moderna menghasilkan respons antibodi yang aman.

Ratusan juta dosis vaksin Covid-19 Moderna telah diberikan kepada orang dewasa, dan perusahaan tersebut mengatakan bahwa vaksin 2 dosis itu sama efektifnya bagi remaja, seperti yang dilansir dari ABC News pada Jumat (23/7/2021). 

Hingga saat ini, vaksin yang dibuat oleh Pfizer dan BioNTech menjadi satu-satunya vaksin Covid-19 yang mendapatkan rekomendasi untuk digunakan oleh anak usia 12 tahun di Amerika Utara dan Eropa.

Badan Pengawas Obat dan Makanan Amerika Serikat AS (FDA), sedang mempertimbangkan untuk meningkatkan penggunaan vaksin Moderna pada kelompok usia yang sama dengan Pfizer dan BioNTech.

Regulator obat UE mengatakan akan terus memantau keamanan dan kemanjuran vaksin Covid-19 Moderna pada anak-anak, seperti yang digunakan di negara-negara anggota Eropa.

Meskipun beberapa negara telah mengesahkan vaksin Pfizer-BioNTech untuk anak di bawah 18 tahun, tidak semua telah memutuskan untuk mulai menggunakannya, dengan alasan risiko minimal yang dihadapi anak-anak dari virus corona.

Di Inggris, misalnya, regulator memberikan vaksin Pfizer untuk anak berusia 12 hingga 15 tahun, tetapi pejabat kesehatan sejauh ini menolak merekomendasikan vaksin untuk siapa pun di bawah 18 tahun, kecuali mereka memiliki kondisi medis yang menjaminnya.

Penggunaan vaksin Covid-19 Moderna relatif memiliki efek samping yang ringan, seperti lengan yang sakit, sakit kepala, dan kelelahan, baik orang usia muda maupun dewasa.

Namun, regulator AS dan Eropa memperingatkan adanya reaksi yang sangat jarang terjadi dari vaksin Moderna dan Pfizer pada usia remaja dan dewasa awal, yaitu berupa nyeri dada dan peradangan jantung.

https://www.kompas.com/global/read/2021/07/24/132114370/eropa-rekomendasikan-vaksin-covid-19-moderna-untuk-anak-usia-12-17-tahun

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke