Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Kematian akibat Covid-19 Tinggi, Thailand Berkukuh Buka Phuket

BANGKOK, KOMPAS.com – Thailand berencana membuka kembali Phuket untuk turis tanpa karantina meski negara itu mencatatkan angka kematian Covid-19 harian tertinggi.

Rencana pembukaan lagi destinasi wisata terkenal Thailand tersebut diatur melalui skema Phuket sandbox dan dimulai pada Kamis (1/7/2021).

Dalam sekma tersebut, turis yang sudah mendapatkan vaksin virus corona bisa berkunjung ke sana tanpa harus dikarantina terlebih dahulu.

Langkah tersebut diambil untuk menghidupkan kembali industri pariwisata Thailand yang babak belur akibat pandemi Covid-19.

Thailand tengah berusaha menahan gelombang ketiga virus corona dengan memberlakukan pembatasan sosial di Bangkok dan sekitarnya.

Di ibu kota, “Negeri Gajah Putih” mencatatakan kasus Covid-19 varian Alpha dan varian Delta yang sudah menyebar sebagaimana dilansir AFP.

Pada Rabu (30/6/2021), negara kerajaan tersebut mencatatkan rekor kasus kematian harian tertinggi akibat Covid-19 yakni sebanyak 53 orang.

Kendati demikian, pihak berwenang mengatakan, rencana pembukaan kembali Phuket akan berjalan sesuai rencana.

Juru Bicara Gugus Tugas Covid-19 Taweesin Visanuyothin menuturkan, sekitar 250 turis dijadwalkan mendarat di pulau itu pada Kamis melalui empat penerbangan.

Kembalinya wisatawan di sana akan membuat sektor bisnis bisa bergeliat kembali.

Sebelum pandemi, Thailand biasanya menyambut sekitar 40 juta turis setiap tahunnya. Bahkan, sekitar 18 persen PDB negara disumbang oleh pariwisata.

Tapi selama lebih dari setahun, pantai-pantai berpasir di Phuket sangat sepi akibat pandemi dan lebih dari 80 persen hotel di sana tutup.

Untuk mempersiapkan pembukaan kembali, dua pertiga dari populasi Phuket telah disuntik vaksin virus corona.

Di lingkungan Pantai Patong yang terkenal, para pedagang sibuk mempersiapkan diri pada Rabu sebelum dibuka untuk turis kembali.

"Setiap orang dan setiap profesi yang terkait dengan pariwisata telah terpengaruh," kata salah satu warga, Thewan Phromyang (49), yang menyewakan kursi berjemur.

Kendati demikian, dalam skema Phuket sandbox, ada beberapa persyaratan bagi para turis.

Salah satu persyaratannya adalah, para turis harus tinggal Phuket itu selama 14 hari jika ingin bepergian ke tempat lain di Thailand.

Selain itu, selama 14 hari tersebut, mereka juga harus menjalani tes Covid-14 sebanyak tiga kali.

https://www.kompas.com/global/read/2021/06/30/220900470/kematian-akibat-covid-19-tinggi-thailand-berkukuh-buka-phuket

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke