Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Sejumlah Negara Sampaikan Belasungkawa atas Kecelakaan Pesawat Sriwijaya Air SJ 182

KOMPAS.com - Sejumlah perwakilan negara sahabat menyampaikan belasungkawa kepada keluarga korban insiden jatuhnya pesawat Sriwijaya Air SJ 182 pada Sabtu (9/1/2021).

Pernyataan disampaikan melalui pernyataan resmi pemerintah maupun secara pribadi melalui akun media sosial sejumlah pejabat pemerintahan.

Pesawat Sriwijaya Air dengan nomor penerbangan SJ 182 kehilangan kontak segera setelah lepas landas. Diketahui pesawat itu jatuh di sekitar perairan Pulau Seribu pada Sabtu (9/1/2021).

Menteri Perhubungan Indonesia Budi Karya Sumadi mengatakan ada 65 orang di dalam pesawat Sriwijaya Air yang jatuh itu. Dengan rincian 53 penumpang dan total 12 awak saat lepas landas dari Jakarta.

Pengawas bandara Jakarta kehilangan kontak dengan pesawat pada 14.40 WIB pada Sabtu (9/1/2021). Kejadian terjadi beberapa menit setelah lepas landas dari ibu kota Jakarta.

Sebelum dinyatakan hilang kontak, pilot sempat meminta naik ke ketinggian 29.000 kaki.

Berikut ungkapan belasungkawa yang disampaikan sejumlah pimpinan negara di dunia atas peristiwa tersebut.

1. Singapura

Tiga tokoh pemerintahan Singapura menyampaikan belasungkawa atas jatuhnya penerbangan Sriwijaya Air SJ 182 di Indonesia pada 9 Januari 2021, menurut Facebook Kedutaan Besar Singapura untuk Indonesia. 

Presiden Singapura Halimah Yacob dan Perdana Menteri Singapura Lee Hsien Loong telah menyurati Presiden RI Joko Widodo.

“Saya sangat sedih mengetahui bahwa penerbangan Sriwijaya Air SJ 182 telah jatuh pada tanggal 9 Januari 2021. Atas nama masyarakat Singapura, saya menyampaikan simpati yang sebesar-besarnya kepada masyarakat Indonesia di masa duka ini,” tulis Halimah Yacob.

Dukungan moril utamanya disampaikan kepada keluarga dan orang-orang terkasih di SJ 182.

Ungkapan simpati juga disampaikan melalui surat kepada Menteri Luar Negeri RI Urusan Retno Marsudi dari Menteri Luar Negeri Singapura, Dr Vivian Balakrishnan.

“Singapura siap mendukung upaya pencarian dan pemulihan yang sedang berlangsung jika Indonesia membutuhkannya. Harap jangan ragu untuk memberi tahu saya jika kami dapat membantu,” tambahnya.

2. India

Perdana Menteri India, Narendra Modi menyampaikan belasungkawa terdalam bagi pihak yang kehilangan keluarga atau orang terdekatnya dalam kecelakaan insiden tersebut.

Dia menyatakan India siap mendukung Indonesia selama masa-masa berduka ini, melansir Big News Network pada Minggu (10/1/2021).

"Belasungkawa terdalam kepada keluarga dari mereka yang kehilangan nyawa dalam kecelakaan pesawat yang tidak menguntungkan di Indonesia," tulis Perdana Menteri Modi dalam sebuah unggahan di Twitter.

Melansir Radio Pakistan pada Minggu (10/1/2021), belasungkawa dan simpati ditujukan bagi pemerintah dan masyarakat Indonesia atas hilangnya nyawa dalam kecelakaan pesawat tragis itu.

“Kami menyampaikan simpati dan belasungkawa yang mendalam atas hilangnya begitu banyak nyawa yang berharga dalam kecelakaan pesawat tragis di Indonesia, dalam perjalanan dari Jakarta ke Pontianak,” tulisanya.

4. Ukraina

Menteri Luar Negeri Ukraina Dmytro Kuleba menyampaikan belasungkawa kepada keluarga korban tewas dalam kecelakaan pesawat Sriwijaya Air SJ 182 di Indonesia.

“Saya dikejutkan dengan laporan tragis kecelakaan pesawat Sriwijaya Air SJ 182 di Indonesia. Simpati saya yang terdalam kepada keluarga para korban. Ukraina bersama rakyat dan pemerintah Indonesia di masa sulit ini,” tulis Kuleba di Twitter.

Melansir Ukrinform, Juru Bicara Kementerian Luar Negeri Ukraina Oleg Nikolenko juga mengonfirmasi informasi awal dari Kedutaan Besar Ukraina di Indonesia dan Sriwijaya Air, bahwa tidak ada warga Ukraina di dalam penerbangan SJ 182.

5. Mesir

Pernyataan belasungkawa disampaikan pemerintah Mesir dalam pernyataan resmi pada Sabtu (9/1/2021), melansir Ahram online.

Kementerian Luar Negeri Mesir menekankan solidaritas dan dukungannya kepada pemerintah dan masyarakat Indonesia atas peristiwa tragis tersebut.

Kepala Mesir Al-Azhar Sheikh Ahmed Al-Tayeb juga menyampaikan belasungkawa kepada Indonesia atas kecelakaan maut itu dalam pernyataan terpisah.

6. Vietnam

Vietnam menyampaikan belasungkawa kepada Indonesia atas kecelakaan penerbangan domestik SJ 182.

Melansir Voice of Vietnam, Wakil Perdana Menteri Vietnam dan Menteri Luar Negeri Pham Binh Minh mengirimkan ucapan belasungkawa kepada Menteri Luar Negeri Retno Marsudi atas kecelakaan pesawat Indonesia baru-baru ini di lepas pantai Jakarta pada Minggu (10/1/2021).

7. Jordania

Jordania pada Sabtu (9/1/2021) menyampaikan belasungkawa kepada pemerintah dan masyarakat Indonesia atas korban kecelakaan pesawat, menurut pernyataan Kementerian Luar Negeri Jordania.

Juru bicara kementerian, Daifallah Fayez, menyuarakan solidaritas Kerajaan Jordania dengan rakyat dan pemerintah Indonesia.

Dia mengungkapkan belasungkawa dari Kerajaan Jordania kepada keluarga para korban, melansir The Jordan Times.

8. Azerbaijan

Menteri Luar Negeri Azerbaijan Jeyhun Bayramov menyampaikan belasungkawa sehubungan dengan jatuhnya pesawat penumpang di Indonesia, melansir The Middle East North Africa Financial Network.

"Sangat sedih dengan berita kecelakaan pesawat yang tragis di dekat Jakarta. Menyampaikan belasungkawa yang paling tulus kepada keluarga yang kehilangan orang yang mereka cintai dalam kecelakaan pesawat yang tragis ini. Dukungan dan solidaritas kami untuk persaudaraan Rakyat Indonesia!"

https://www.kompas.com/global/read/2021/01/11/181954170/sejumlah-negara-sampaikan-belasungkawa-atas-kecelakaan-pesawat-sriwijaya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke