Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

[VIDEO] Trump Tunjukkan Dirinya dengan Hadiah Nobel Perdamaian Meski Tak Pernah Memenangkannya

WASHINGTON DC, KOMPAS.com - Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump merilis sebuah video di akun Twitter-nya yang menunjukkan dia dengan gambar Hadiah Nobel Perdamaian, padahal dia tidak pernah memenangkannya.

Melansir Stuff, video yang dirilis pada Selasa (29/12/2020) itu merupakan kampanye palsu yang diunggah akun resmi Donald Trump @realdonaldtrump.

Hadiah Nobel Perdamaian muncul di bagia klip video yang menunjukkan Trump menjadi perantara dalam Abraham Accords antara Israel, Bahrain dan Uni Emirat Arab.

Selama video itu tidak ada percakapan, hanya berbagai 'kiprah' Trump di berbagai bidang seperti membantu para pekerja di Amerika, berkiprah dalam kebebasan, hukum dan ketertiban, keadilan, kekuatan militer dan perdamaian.

Sejauh ini, Trump terus-menerus membahas Hadiah Nobel Perdamaian. Dia bahkan secara keliru telah menyiratkan bahwa dia telah memenangkan penghargaan itu di berbagai kesempatan.

Mungkin, Trump memang pernah dinominasikan. Mengingat, anggota parlemen sayap kanan Norwegia dan Swedia mengatakan bahwa mereka mengajukan nama Trump dan pemerintah Jepang tahun lalu diminta oleh administrasi Trump untuk mencalonkan presiden AS itu.

Selama kampanye pemilihan umum 2020, Trump sering merujuk pada Nobel, dan ketika berada di acara New Hampshire, dia bahkan mengatakan bahwa dia telah memenangkan hadiah itu dua kali.

Pada kesempatan ini, Trump mengklarifikasi pernyataannya tidak lama setelah itu, dengan mengatakan bahwa yang dia maksud adalah dirinya telah dinominasikan dan bukan memenangkan penghargaan.

Program Pangan PBB keluar sebagai pemenang, dan dianugerahi hadiah Nobel Perdamaian dengan nominal 1,7 juta dollar AS.

https://www.kompas.com/global/read/2020/12/30/105015470/video-trump-tunjukkan-dirinya-dengan-hadiah-nobel-perdamaian-meski-tak

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke