Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Nekat Tempuh Puluhan Kilometer Temui Pacarnya Saat Covid-19, Pria Ini Berakhir di Bui

DUBLIN, KOMPAS.com - Seorang pria melakukan perjalanan 25 mil (40 kilometer) melintasi laut Irlandia dengan jetski demi mengunjungi pacarnya, berakhir dipenjara karena melanggar aturan Covid-19.

Dale McLaughlan (28 tahun) melakukan perjalanan gila dari Whithorn, Dumfriesshire ke Isle of Man pada Jumat pagi (11/12/2020).

Pengadilan Douglas di Isle of Man memperkirakan bahwa perlu waktu tempuh dari Irvine, Ayrshire, 4,5 jam untuk melakukan perjalanan laut, setelah mengira itu bisa dilakukan dalam 40 menit.

BBC melaporkan McLaughlan aman tiba di Ramsey, kota pesisi di utara Isla of Man, meskipun tidak pernah mengendarai jetski sebelumnya.

McLaughlan melanjutkan perjalanan 15 mil (24 kilometer) dari Ramsey ke ibu kota pulau itu, Douglas, tempat pacarnya Jessica Radcliffe tinggal, seperti yang dilansir dari The Sun pada Selasa (15/12/2020). 

Ibu McLaughlan yang terkejut dengan aksi nekat anaknya malam ini, berkata, "Dia bisa saja membunuh dirinya sendiri."

Menderita depresi

Di bawah undang-undang Isle of Man saat ini, hanya non-penduduk lokal dengan izin khusus yang diizinkan memasuki pulau.

McLaughlan sebelumnya diberi izin masuk selama 4 minggu untuk bekerja sebagai tukang konstruksi atap pada September dan setelah mengisolasi selama 14 hari, ia bertemu pacarnya di malam hari.

Namun pengadilan menolak permohonannya untuk kembali ke pulau itu setelah masa berlakunya habis.

Jaksa penuntut mengatakan McLaughlan memberi seorang petugas polisi alamat pacarnya pada Sabtu, yang mana pada malamnya, pasangan itu pergi ke dua klub malam.

Setelah pemeriksaan identifikasi, polisi menangkapnya pada Minggu.

Di pengadilan, pengacara dari pria 28 tahun itu mengatakan bahwa kliennya menderita depresi dan berjuang tanpa bertemu pasangannya.

McLaughlan yang tiba secara tidak sah di pulau itu, dipenjara selama 4 pekan.

Sengaja langgar aturan

Wakil Hakim Tinggi Christopher Arrowsmith mengatakan McLaughlan telah melakukan "upaya yang disengaja untuk mengakali" aturan Covid-19 yang membatasi perjalanan lintas perbatasan, yang berpotensi membahayakan masyarakat.

Dia mengatakan perjalanan "yang direncanakan dengan hati-hati" itu juga telah menempatkan pria berusia 28 tahun itu "pada risiko yang sangat nyata" dari bahaya.

Berbicara dari rumahnya di Irvine, Ayrshire, ibu McLaughlan, Allison, mengatakan dia tidak tahu tentang usaha putranya sampai teman-temannya mengiriminya pesan.

Dia berkata, “Dia seharusnya pergi untuk bekerja, tetapi sejauh yang saya tahu mereka menundanya sampai 11 Januari."

https://www.kompas.com/global/read/2020/12/16/051500470/nekat-tempuh-puluhan-kilometer-temui-pacarnya-saat-covid-19-pria-ini

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke