Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Pilpres AS: Covid-19 Jadi Isu Utama Bagi Pemilih di Amerika

CHICAGO, KOMPAS.com - Sebuah survei yang baru saja dirilis menemukan bahwa pandemi Covid-19 merupakan isu utama bagi para pemilih dalam pemilihan presiden (pilpres) Amerika Serikat (AS) tahun ini.

Menurut survei yang melibatkan lebih dari 20.000 pemilih di AS itu, Covid-19 dipilih sebagai isu utama oleh hampir sepertiga dari total responden nasional, dan memuncaki daftar untuk pemilih di setiap negara bagian kecuali Alaska.

Sejumlah isu lain yang dianggap penting meliputi rasisme (10 persen), ekonomi (8 persen), pelayanan kesehatan (7 persen), serta kejahatan dan kekerasan (6 persen).

Hasil survei tersebut yang diunggah di situs web Universitas Northwestern pada Selasa (3/11/2020) sebagaimana dilansir dari Xinhua.

Ketika para pemilih diklasifikasikan berdasarkan negara bagiannya, peneliti menemukan perbedaan signifikan terkait apa yang dipilih responden sebagai isu terpenting setelah Covid-19.

Mayoritas di 43 dari 50 negara bagian menyebutkan tiga isu, yaitu rasisme (17 negara bagian), kejahatan dan kekerasan (18 negara bagian), serta pelayanan kesehatan (8 negara bagian).

Para peneliti juga menemukan perbedaan partisan, usia, serta rasial atau etnis yang begitu jelas.

Masalah yang paling sering disebutkan oleh warga pendukung Partai Demokrat dan independen meliputi rasisme, perubahan iklim, dan pelayanan kesehatan.

Para pendukung Partai Republik juga memasukkan isu pelayanan kesehatan dalam daftar lima isu terpenting mereka, tetapi juga menyebutkan isu kejahatan dan kekerasan, aborsi, serta ekonomi.

Sementara itu, warga Afro-Amerika memiliki kecenderungan lebih besar dibanding kelompok ras atau etnis lainnya untuk memilih rasisme dan kebrutalan polisi sebagai masalah terpenting di negara itu.

Sedangkan responden berkulit putih cenderung menyebutkan isu ekonomi dan pelayanan kesehatan sebagai isu terpenting kedua setelah Covid-19, menurut survei tersebut.

https://www.kompas.com/global/read/2020/11/05/125440170/pilpres-as-covid-19-jadi-isu-utama-bagi-pemilih-di-amerika

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke