Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Dikritik Erdogan, Presiden Perancis Dapat Dukungan Pemimpin Eropa

Pada pernyataan yang disiarkan pada Sabtu (24/10/2020), Erdogan mengecam Macron atas kebijakannya terhadap Muslim, dan memintanya "periksa mental".

"Apa yang bisa dikatakan tentang seorang kepala negara yang memperlakukan jutaan anggota dari kelompok agama yang berbeda seperti ini. Pertama-tama, lakukan pemeriksaan mental," kata dia.

Ucapan mantan Wali Kota Istanbul itu menuai kecaman dari juru bicara Kanselir Jerman Angela Merkal dan Perdana Menteri Belanda Mark Rutte.

Dilansir AFP Senin (26/10/2020), Steffen Seibert memberikan kecaman kepada Erdogan karena sudah melayangkan kritikan kepada Macron.

Dalam pendapat Seibert, Presiden Perancis sejak 2017 itu hanya mengambil pendekatan tegas atas pembunuhan Samuel Paty dua pekan lalu.

"Terdapat komentar fitnah dan tak bisa diterima, terutama terkait latar belakang pembunuhan guru Perancis Samuel Paty oleh Muslim fanatik," kata Seibert.

"Komentar Presiden Erdogan terhadap Presiden Emmanuel Macron sangat tidak bisa diterima," kata PM Belanda Rutte dalam kicauannya di Twitter.

Rutte menegaskan bahwa "Negara Kincir Angin" mendukung Paris dalam hal "kebebasan berpendapat" dan melawan "ekstremisme dan radikalisme".

Presiden Komisi Eropa Ursula von der Leyen di Twitter juga menyatakan mereka mendukung Paris dalam menegakkan aturan setelah Samuel Paty dibunuh.

Erdogan sendiri sempat menyerukan boikot produk "Negeri Anggur" di Turki, seraya mengeklaim Muslim diperlakukan seperti Yahudi sebelum Perang Dunia II.

Macron menjadi sasaran kritikan dan kecaman setelah Samuel Paty, guru Sejarah dan Geografi, dipenggal saat sedang berjalan pulang ke rumahnya.

Paty dibunuh oleh Abdoullakh Anzorov, remaja Chechen berusia 18 tahun yang kemudian ditembak mati oleh polisi yang mengonfrontasinya.

Guru berusia 47 tahun tersebut dipenggal setelah menunjukkan kartun Nabi Muhammad, yang merupakan bagian dari materi kebebasan berekspresi.

Macron dikecam lantaran berjanji untuk tidak menurunkan kartun tersebut, yang berimbas pada seruan boikot di berbagai negara Arab.

https://www.kompas.com/global/read/2020/10/26/215216270/dikritik-erdogan-presiden-perancis-dapat-dukungan-pemimpin-eropa

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke