Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Saling Berbagai Foto Hitler dan Simbol Nazi, 29 Polisi Jerman Kena Masalah

DUESSELDORF, KOMPAS.com - Dua puluh sembilan petugas polisi telah diskors di Jerman, karena berbagi foto Adolf Hitler dan ilustrasi palsu tentang pengungsi di kamar gas era Hitler, pada ponsel mereka.

Pejabat di negara bagian Jerman, North Rhine-Westphalia (NRW) mengumumkan hal itu pada Rabu (16/9/2020), menurut laporan yang dilansir dari Reuters pada hari yang sama.

Mereka juga dituduh menggunakan chat room sayap kanan, di mana mengandung konten ekstremis yang saling dibagikan, seperti Swastika dan simbol Nazi lainnya, yang melanggar konstitusi Jerman.

Insiden itu memalukan bagi polisi dan badan keamanan Jerman, yang menghadapi tuduhan tidak berbuat cukup tuntas untuk mengungkap kemungkinan adanya kekerasan yang dilakukan kaum nasionalis di dalam barisan kepolisian.

Ini adalah masalah sensitif di negara, di mana terdapat kesadaran kuat terhadap terjadinya genosida jutaan orang Yahudi pada Perang Dunia II oleh Nazi di bawah kekuasaan Hitler.

"Ini adalah aib bagi polisi NRW," kata Menteri Dalam Negeri NRW Herbert Reul, yang mengumumkan penyelidikan terhadap 29 petugas pria dan wanita itu.

Beberapa tersangka dapat dituduh menyebarkan propaganda Nazi dan pidato kebencian dan dapat diberhentikan dari satuan kepolisian.

Sementara, yang lainnya dituduh gagal melaporkan rekan mereka terkait pelanggaran tersebut.

“Saya terkejut dan malu,” kata Frank Richter, kepala kepolisian di kota Essen tempat sebagian besar tersangka bekerja.

"Sulit untuk berkata-kata," lanjutnya.

Jaksa Jerman mengatakan bulan lalu mereka sedang menyelidiki seorang pensiunan polisi yang dicurigai mengirim email yang mengancam, yang ditandatangani dengan nama sekelompok pembunuh neo-Nazi, kepada tokoh-tokoh terkemuka berlatar belakang imigran.

Email tersebut beberapa dikirim ke legislator dengan latar belakang identitas Turki, ditandatangani "NSU 2.0", yang mengarah ke geng neo-Nazi "Nasional Sosialis Bawah Tanah", yang menewaskan 10 orang, terutama imigran, antara tahun 2000 dan 2007.

https://www.kompas.com/global/read/2020/09/16/195719970/saling-berbagai-foto-hitler-dan-simbol-nazi-29-polisi-jerman-kena-masalah

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke