Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Pasien Ini Diapit 2 Jasad Korban Covid-19 di Brasil

BRASILIA, KOMPAS.com - Sebuah gambar menunjukkan 2 mayat korban Covid-19 dimasukkan ke dalam kantong sampah.

Jasad kedua pasien Covid-19 itu diletakkan di sisi kanan-kiri (mengapit) seorang pasien di sebuah rumah sakit di Rio de Janeiro, Brasil.

Jarak antara pasien dengan 2 jasad korban virus corona itu hanya berjarak satu lengan. Foto yang mengejutkan itu kemudian diketahui diambil oleh Persatuan Perawat Rio (RNU).

Di tempat lainnya, terdapat 3 kontainer, yang masing-masing mampu menampung 75 mayat, tampak di luar rumah sakit yang mungkin sama, dalam sebuah rekaman yang disiarkan oleh CNN.

Dilansir Daily Mail, Brasil sejauh ini mencatat 52.000 angka kematian akibat Covid-19, penyakit yang disebabkan oleh virus corona. Lebih dari 1.1 juta orang di Brasil terinfeksi virus tersebut, angka yang sangat tinggi dibandingkan negara mana pun di luar Amerika Serikat.

Kurangnya pengujian di negara terbesar di Amerika Selatan itu, menyebabkan para ahli memperkirakan angka sebenarnya mungkin bisa jauh lebih tinggi dari yang dilaporkan.

Sebanyak 181 perawat juga dilaporkan telah meninggal dunia di Brasil. Angka itu juga merupakan tertinggi di dunia, sementara 15.000 lebih tenaga medis lainnya terinfeksi virus corona.

Sementara Presiden Brasil, Jair Bolsonaro, kerap membandingkan virus corona sebagai flu kecil. Dia kerap meremehkan wabah dan berulangkali mencemooh tindakan pencegahan di Brasil, sampai-sampai Hakim Federal Brasil memerintahkan dia untuk memakai masker di tempat umum.

Bahkan Bolsonaro secara terang-terangan telah menentang konsesus para pakar kesehatan masyarakat yang ingin memperlambat laju penularan wabah.

Presiden Bolsonaro telah mengkritik upaya lockdown dan perintah jaga jarak sosial (social distancing) yang dikeluarkan oleh gubernur dan wali kota. Dia mengatakan kerusakan ekonomi mereka lebih buruk daripada penyakit Covid-19.

https://www.kompas.com/global/read/2020/06/26/090857670/pasien-ini-diapit-2-jasad-korban-covid-19-di-brasil

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke