Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bagaimana Cara Memilih Ikan yang Segar? Simak Tips dari Chef

Kompas.com - 25/03/2024, 18:59 WIB
Ni Nyoman Wira Widyanti

Penulis

TANGERANG, KOMPAS.com - Jika ingin memasak ikan, hal pertama yang harus diperhatikan adalah bagaimana memilih ikan yang segar. Sebab, kondisi ikan cukup memengaruhi cita rasa dan efek setelah menyantap makanan nantinya. 

Menurut Executive Chef Hotel Novotel Tangerang, Chef Salehin, memilih ikan yang segar cukup gampang baik di pasar tradisional maupun di pasar swalayan.

Baca juga: 4 Ciri Ikan Segar, Jangan Salah Pilih

Simak beberapa cara memilih ikan segar berikut ini:

Tips memilih ikan yang segar

1. Perhatikan warna mata

Ilustrasi ikan segar. Yang terjadi pada tubuh jika tidak pernah makan ikan.SHUTTERSTOCK/SERGIY ZAVGORODNY Ilustrasi ikan segar. Yang terjadi pada tubuh jika tidak pernah makan ikan.

Saat memilih ikan, pertama-tama perhatikanlah warna matanya. Pastikan ikan yang hendak dipilih memiliki warna mata yang bening dan jernih. 

"Kalau (warna) matanya itu sudah mulai pudar, itu sudah katarak, itu sudah mulai tingkat kesegarannya menurun," tutur Chef Salehin kepada Kompas.com di Hotel Novotel Tangerang, Senin (4/3/2024).

Baca juga:

2. Cek insangnya

Ilustrasi ikan segar. Pilihan ikan untuk membantu menghilangkan lemak perut atau perut buncit.SHUTTERSTOCK/NADIANB Ilustrasi ikan segar. Pilihan ikan untuk membantu menghilangkan lemak perut atau perut buncit.

Apabila tidak yakin dengan warna mata ikan, periksalah bagian insangnya. Insang ikan yang segar biasanya berwarna merah. 

"Tapi kalau sudah mulai ada getah-getahnya, kemudian insangnya sudah mulai warnanya tidak merah, itu dipastikan ikannya tidak segar," tuturnya.

Baca juga: Resep Ikan Kuah Kuning, Menu Berkuah untuk Musim Hujan

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Foodplace (@my.foodplace)

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com