Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

10 Tempat Makan di Karawang dengan Harga Terjangkau untuk Liburan

Kompas.com - 21/12/2022, 10:32 WIB
Farida Farhan,
Silvita Agmasari

Tim Redaksi

KARAWANG, KOMPAS.com - Libur Natal 2022 dan Tahun Baru 2023 segera tiba. Lokasi Karawang yang strategis dekat Jakarta serta banyaknya hotel untuk staycation, membuat kota ini bisa jadi pilihan tempat liburan bersama keluarga.

Berikut rekomendasi kulineran di Karawang, Jawa Barat dari Kompas.com. Tempat makan di sini, selain terkenal enak, juga cocok untuk makan bersama keluarga dengan harga relatif terjangkau. 

Baca juga: 7 Tempat Makan di Cikarang, Ada Kupat Tahu Bandung dan Nasi Jamblang

1. Aneka Pepes

Jalan-jalan ke Bendung Walahar tak afdol kalau tak mencicipi aneka pepes yang berada di sekitar bendung yang berarsitektur khas Belanda itu. Mulai dari pepes jambar, peda, jamur, ayam, dan lainnya.

Ada banyak warung makan di Desa Walahar, Kecamatan Klari yang menyuguhkan pepes. Kamu bisa memilih tempat sesuai keinginan. Lokasinya tidk jauh dari Bendung Walahar dan area Situ Cipule.

2. Cobek turubuk

Rupanya tak hanya ikan, ayam, dan jengkol saja yang bisa diolah jadi "cobek". Cobek turubuk tak kalah nikmat. Rasanya segar gurih berpadu dengan rasa turubuk yang kres nan renyah.

Turubuk sendiri merupakan sayur yang mulai langka di Jakarta, rasanya mirip jagung muda tetapi lebih renyah.

Cobek turubuk ini bisa kamu santap di Warung Siargao, dekat Stadion Singaperbangsa, tepatnya belakang Kantor Koni Karawang.

Turubuk diketahui sebagai salah satu tumbuhan khas Karawang selatan atau terkenal sebagai Loji. Selain cobek turubuk, tumis peda pete di warung ini juga top.

Baca juga: Mengenal Turubuk, Lalapan Bercitarasa Gurih Khas Loji Karawang

3. Sop Jamur

Pencinta jamur atau sop wajib mencoba. Sop Jamur di Simpang Mutiara, Kotabaru, Karawang rasanya gurih dan hangat di tenggorokan.

Sip dipadu dengan jamur yang kenyal dan ditambah irisan daun bawang membuat rasanya makin "makyus".

Pemiling warung menyebut sop jamur tersebut dimasak dengan resep turun temurun.

Baca juga: Resep Abon Jamur Tiram, Lauk Makan Kering Tahan Lama

Tak hanya sop jamur, menu lain di warung ini juga enak. Warung dengan sop jamurnya ini juga jadi langganan para anggota polisi dan harganya terkenal ramah kantong.

Lokasinya persis sebelum Simpang Mutiara di kiri jalan kalau berkendara dari arah Karawang menuju Purwakarta. Di depan warung ada tulisan Ayam Goreng Kampung Cobek Ikan.

5. Nasi Liwet Wakil Enim

Warung Wakil Enim ada di Desa Mekarbuana, Kecamatan Tegalwaru. Letaknya di depan parkiran mobil terakhir di Desa Mekarbuana.

Salah satu ciri khasnya adalah nasi liwet, lengkap dengan aneka sayuran dan lalapan yang sunda banget.

Kamu juga bisa mencicipi durian loji di warung ini, si kecil manis dari Karawang Selatan plus suguhan pemandangan khas pegunungan.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com