Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

25 Tempat Makan Halal di Singapura, Ada Masakan Indonesia

Kompas.com - 21/09/2022, 13:17 WIB
Alma Erin Mentari

Penulis

KOMPAS.com - Tak lengkap rasanya kalau sedang berkunjung ke Singapura tak mencicipi aneka kulinernya yang khas. Ada sederet tempat makan halal di Singapura yang bisa kamu kunjungi. 

Tempat kuliner halal di Singapura ini menyajikan aneka menu masaka khas dengan cita rasa tak tertandingi. Simak sederet rekomendasinya yang bisa kamu kunjungi dan lokasinya tersebar di beberapa kawasan di Singapura. 

Baca juga:

1. IndoChili Restaurant

IndoChili Restaurant merupakan restoran otentik Indonesia yang sudah bersertifikat halal Singapura.

Menu yang terdapat di IndoChili Restaurant di antaranya adalah Sate Ayam Madura, Sayur Asem, Tahu Telor, Lontong Cap Gomeh, Risoles, Rawon Komplit, Soto Betawi, dan Nasi Timbel.

Ada juga Ikan Bakar Bali, Udang atau Cumi Balado, Ayam Panggang Padang, Ayam Goreng Kremes, Rendang Sapi, Urap, dan Sambal Terasi di IndoChili Restaurant.

Satu macam makanan di IndoChili Restaurant dijual seharga mulai 5-60 dolar Singapura (SGD).

Lokasi IndoChili Restaurant berada di sebelah stasiun MRT Tanjung Pagar, tepatnya di 7 Wallich Street #B1-03. IndoChili Restaurant buka setiap hari pukul 11.30-21.00 waktu Singapura.

2. Ayam Penyet President

Ayam Penyet President merupakan salah satu tempat makan halal di Kallang Wave Mall. Sesuai namanya, tempat makan ini menyajikan masakan Indonesia dengan menu andalan ayam penyet.

Beberapa makanan utama di Ayam Penyet President adalah Smashed Fried Chicken (Ayam Penyet), Fried Chicken in Green Chili (Ayam Cabe Ijo), Grilled Chicken (Ayam Bakar), Grilled Beef (Empal Bakar), dan Beef Rendang. Harga makanan utama mulai dari Rp 75.000-an.

Santap juga Es Teler dan Es Campur sebagai makanan penutup. Harga makanan penutup mulai dari Rp 37.000.

Ayam Penyet President yang beroperasi sejak 2009 ini punya outlet selain di Kallang Wave Mall yaitu Orchard Road, Tampines, dan Serangoon.

3. Fika Swedish Café and Bistro

Sesuai namanya, tempat ini menawarkan aneka makanan tradisional khas Swedia yang tentu saja halal. Tempat ini terletak di 257 Beach Road, Singapura, 199539.

Untuk menuju ke sana, kamu bisa berhenti di Stasiun MRT Bugis dan berjalan kaki sekitar 550 meter. Fika dalam bahasa Swedia mengungkapkan salah satu kebiasaan orang Swedia, yakni minum kopi bersama orang terdekat atau waktunya istirahat.

Di sini kamu bisa bersantai sambil minum kopi dan makan camilan manis ala Swedia. Misalnya, Swedish Pancake, Kladdkaka (kue cokelat), dan Apple Crumble Pie.

Tak hanya makanan ringan, ada pula makanan berat seperti Swedish Meatballs (bola daging ala Swedia) dan juga Sedish Lamb Stew (semur ala Swedia). Harganya berkisar mulai dari 5 dolar Singapura atau setara Rp 55.000.

4. Haig Road Putu Piring

Resepnya telah diturunkan ke empat generasi dan rasanya masih sama enaknya. Tidak heran jika kedai kue putu piring ini menyandang status Michelin Plate.

Adonan putunya lembut dan harum, berisi dengan gula merah, dan berpadu serasi saat digigit. Kedai yang dimiliki oleh seorang Muslim ini berada di 14 Haid Road dan buka pukul 11.00-20.00 setiap harinya.

5. El Fuego by Collins

Restoran halal yang memiliki banyak cabang ini juga ada di Jewel Changi Airport. Makanan kelas premium yang disajikan cukup memanjakan lidah setelah menempuh penerbangan ke Singapura.

Ada beberapa menu yang bisa kamu pilih sesuai dengan selera. Resto ini juga menyediakan jenis minuman bersoda, kopi-kopi, jus, beragam menu teh, hingga air mineral.

Saat datang pada Senin-Kamis pukul 10.00 - 12.00 waktu setempat, kamu bisa memilih paket makan siang (set lunch). Paket makan siang terdiri dari hidangan pembuka (appetizer) atau hidangan penutup (dessert), menu utama (main course), dan minuman jus atau softdrink.

Makanan yang bisa kamu pilih dalam paket ini adalah Garden Salad, Miyagi Oyster, Tuna Tataki, Poached Argentina Red Prawns, Jerusalem Artichoke Veluote, dan Seared Hokkaido Scallop.

Harga two course set lunch dihargai 19,90 dollar Singapura atau setara Rp 212.000 sementara three course set lunch dihargai 25,90 dollar Singapura atau setara Rp 275.000.

6. Segar Restaurant

Segar Restaurant menawarkan aneka olahan sayur, daging, dan makanan laut yang bisa kamu nikmati selagi berkunjung ke Chinatown Singapura.

Beberapa sajian di Segar Restaurant adalah Curry Assam Fish Head, Egg Fu Yong, Oyster Omelette, Sambal Kang Kong, Luo Han Vegetables, Lemon Chicken, Chicken with Dried Chilli, dan Claypot Golden Chicken.

Kamu juga bisa memesan Beef Fried Kway Teow, Tom Yam Mee Soup, Pineapple Fried Rice, dan Singapore Fried Bee Hoon di Segar Restaurant.

Harga makanan per porsi di Segar Restaurant berkisar mulai 6-30 SGD. Segar Restaurant sendiri berlokasi di 133 New bridge Road #B2-39/40/41 Chinatown Point dan buka setiap hari pukul 11.30-21.30 waktu Singapura.

7. Encik Tan

Encik Tan adalah salah satu tempat makan halal di Singapura yang terkenal dan mempunyai banyak outlet salah satunya di Kallang Wave Mall.

Tempat makan ini menawarkan chinese food dan masakan khas Singapura halal seperti Wanton Noodles, Laksa, Curry Rice Sambal Sotong, dan Fishball Noodles.

Harga makanan di Encik Tan mulai dari Rp 65.000-an. Beberapa outlet Encik Tan lainnya berlokasi di Orchard Road, Bedok Mall, Marina Square, dan Vivo City.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com