Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

35 Tempat Makan di Semarang, Harga Mulai dari Rp 15.000

Kompas.com - 10/09/2022, 13:19 WIB
Alma Erin Mentari

Penulis

KOMPAS.com - Tidak lengkap rasanya, kalau singgah di suatu daerah tetapi tidak menikmati aneka menu kuliner di sana. Sama halnya, jika berada di Semarang. Rekomendasi tempat makan di Semarang ini wajib kamu kunjungi. 

Ada daftar tempat kuliner Semarang yang panjang agar kamu tidak bosan dan kehabisan ide untuk mengisi perut selama berada di sana. Simak rekomendasi dan penjelasan seputar menu makan dan minuman yang ditawarkan. 

Baca juga: 7 Tempat Makan Sekitar Stasiun Semarang Tawang, Harga Mulai Rp 25.000

1. Nasi Ayam Kemuning

Nasi Ayam Kemuning berlokasi di Jalan Anjasmoro Raya Nomor 77, Karangayu, Semarang. Buka dri pukul 06.30-23.00 WIB.

Kedai nasi ayam ini punya keunikan tersendiri yaitu siraman kuah opor pada sajiannya. Harga per porsi menu nasi ayam dengan telur mulai dari Rp 20.000.

Kamu bisa tambah dengan sate telur puyuh, sate usus, dan sate ampela. Hagra per tusuk sate mulai dari Rp 5.000.

Baca juga: 6 Tempat Makan di Sekitar Rawa Pening Semarang, Harga Mulai Rp 3.000

2. Gubug Makan Mang Engking

Selain ditemani suara air di bawah gubug, kamu juga bisa menikmati indahnya pemandangan Gunung Ungaran selama makan di Gubug Makan Mang Engking.

Restoran seafood ini menawarkan beragam menu makanan yang cocok disantap bersama keluarga. Beberapa menu yang tersedia di Gubug Makan Mang Engking adalah Kepiting Saus Padang, Kepiting Rebus, Cumi Saus Tiram, Gurame Goreng, Udang Cabai Hijau, Udang Bakar Madu, Ayam Lada Hitam, dan Mie Goreng Seafood.

Satu porsi makanan di Gubug Makan Mang Engking dijual mulai dari Rp 35.000. Kamu bisa datang langsung ke Gubug Makan Mang Engking di Jalan Diponegoro Nomor 249, Genuk Barat, Ungaran, Kecamatan Ungaran Barat, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah setiap hari mulai pukul 10.00-22.00 WIB.

Baca juga: 7 Tempat Kuliner di Sekitar Dusun Semilir Semarang, Harga Makanan Mulai Rp 15.000

3. Lunpia Cik Me Me

Lunpia Cik Me Me merupakan usaha makanan sejak 1870 yang dirintis oleh sepasang suami istri, Tjoa Tjay Joe dan Mbok Wasie. Sudah berdiri lebih dari 150 tahun, pelopor lumpia halal ini memiliki variasi menu yang beragam.

Ada varian Lunpia Plain, Lunpia Original, Lunpia Kambing Jantan Muda, Lunpia Rasa Jamur Nusantara, Lunpia Fish Kakap, Lunpia Crab, hingga Keripik Lunpia di Lunpia Cik Me Me.

Kamu perlu merogoh kocek mulai dari Rp 12.000 hingga Rp 29.000 untuk mencicipi satu buah lumpia. Sementara untuk keripik lumpia dihargai mulai Rp 12.000 untuk ukuran 32 gram dan Rp 45.000 untuk ukuran 125 gram.

Pusat Lunpia Cik Me Me berada di Jalan Gajahmada Nomor 107, Miroto, Kecamatan Semarang Tengah, Kota Semarang, Jawa Tengah dan buka buka setiap hari mulai pukul 05.00-22.00 WIB.

Baca juga: 6 Rekomendasi Tempat Beli Oleh-oleh di Semarang

4. Restoran Pesta Keboen

Restoran Pesta Keboen berlokasi di Jalan Veteran Nomor 29, Lempongsari, Kecamatan Gajahmungkur, Kota Semarang, Jawa Tengah.

Tempat ini cocok dijadikan sebagai lokasi makan bersama keluarga besar, ada aneka makanan enak yang ditawarkan di sini. Beberapa di antaranya seperti Ayam Asap, Sapi Sayur Kailan, Sapi Lada Hitam, Bandeng Kropok, Sop Ayam Lilit Sapi, aneka kue tradisional, dan lain-lain.

Selain untuk kumpul keluarga, restoran ini juga cocok dijadikan sebagai lokasi pertemuan halal bihalal setelah lebaran. Harga makanan dan minuman yang disediakan di Restoran Pesta Keboen beragam, mulai dari Rp 20.000.

Khusus untuk paket keluarga, harganya mulai dari Rp 265.000. Apabila ingin berkunjung, tempat makan ini buka setiap hari mulai pukul 10.00 WIB hingga pukul 21.00 WIB.

Baca juga: 7 Tempat Makan Dekat Taman Bunga Celosia Bandungan Semarang

5. Mujur Vegetarian

Kamu bisa menyantap aneka olahan daging buatan di Mujur Vegetarian yang aman untuk vegetarian dan vegan.

Ada Gulai Kambing, Babat Gongso, Gudeg Komplit Terik Tahu, Mie Ayam Jamur, Soto Ayam, Buyunghai, Sate Usus Bumbu Klaten, Kroket Kentang, dan Rendang di Mujur Vegetarian.

Satu macam makanan di Mujur Vegetarian dijual mulai dari Rp 8.000 hingga Rp 20.000.

Mujur Vegetarian berlokasi di Jalan Petelan Tengah Nomor 864, Sarirejo, Kecamatan Semarang Timur, Kota Semarang, Jawa Tengah dan buka setiap hari, kecuali Senin, pukul 10.00-15.00 WIB.

6. Restoran Kampung Laut

Restoran Kampung Laut berlokasi di Jalan Puri Anjasmoro Raya, Tawangsari, Kota Semarang. Buka dari pukul 11.30-22.00 WIB.

Di sini, kamu bisa menikmati aneka menu hidangan laut lezat dan segar dengan harga mulai dari Rp 20.000. Ada fasilitas makan lesehan dengan tempat duduk menghadap ke laut.

Selain itu, ada fasilitas playground yang bisa membuat anak tidak rewel atau bosan.

7. Gudeg Merak Mati

Gudeg Merak Mati berlokasi di Jalan Soekarno-Hatta Nomor Kilometer, Merakrejo, Merak Mati, Kecamatan Bawen, Kabupaten Semarang.

Rumah makan beroperasi pukul 08.00 sampai 13.00 WIB, buka setiap hari. Jarak Gudeg Merak Mati dari Dusun Semilir Semarang sekitar tiga kilometer dapat ditempuh dengan kendaraan selama enam menit perjalanan.

Gudeg Merak Mati mempunyai menu andalan yaitu gudeg, dalam satu porsinya terdapat nasi, Gudeg, Krecek pedas, Lauk pauk, dan Mentimun.

Pilihan lauk yaitu Tempe bacem, Tahu bacem, Telur bacem, Ayam, Usus, dan Paru. Harga per porsi mulai Rp 20.000.

8. Joglo Rawa Pening

Joglo Rawa Pening berlokasi di Jalan Jenderal M. Sarbini, Tambaksari, Tambakboyo, Kecamatan Ambarawa, Kabupaten Semarang.

Joglo Rawa Pening buka setiap hari pukul 07.00 sampai 20.00 WIB dan Sabtu pukul 07.00 hingga 21.00 WIB. Joglo Rawa Pening berjarak tiga koma sembilan kilometer dari Rawa Pening Semarang, dapat ditempuh dengan kendaraan selama sembilan menit perjalanan.

Joglo Rawa Pening memiliki pemandangan indah pegunungan dan sawah, selain itu area tempat makannya semi outdoor. Joglo Rawa Pening mempunyai menu makanan yaitu Tumpang Koyor, Ayam Goreng, Bebek Goreng, Jeroan Ati atau Usus, Urap, Nasi Pecel, dan Sop Iga.

Sementara untuk menu minuman Teh Tawar, Susu Coklat, Milo, Wedang Uwuh, dan Soda Gembira. Harga per menu mulai Rp 3.000 hingga Rp 30.000.

9. Warung Mangut Mbok Dar

Warung Mangut Mbok Dar berlokasi tepat di depan pintu masuk Stasiun Semarang Tawang. Buka dari pukul 04.00-00.00 WIB.

Tidak sulit untuk mencarinya. Di sini, kamu bisa menikmati aneka menu masakan dengan cita rasa pedas dan rempah yang kuat untuk olahan mangut.

Cita rasa khas dari seporsi mangut pedas di sini adalah adanya cita rasa cengkih yang khas. Harga per porsi menu makannya mulai dari Rp 35.000-70.000.

10. Toko Oen

Toko Oen Semarang buka sejak 1936. Restoran yang ada di Jalan Pemuda Nomor 52 ini menyajikan menu-menu campuran Eropa, Jawa, dan Tionghoa.

Di sini kamu bisa menikmati berbagai hidangan seperti bistik lidah sapi, lumpia Semarang, dan aneka es krim.

Sambil makan kamu pun akan disuguhkan interior ala kolonial Belanda yang bikin nostalgia. Harga hidangan di restoran ini bervariasi, mulai Rp 15.000 - Rp 300.000. Jam operasionalnya setiap hari pukul 10.00-21.00 WIB.

11. Tahu Pong Gajah Mada

Tahu Pong Gajah Mada cukup terkenal di kalangan wisatawan dan warga lokal. Warung makan yang berlokasi di Jalan Gajahmada Nomor 63B menyajikan tahu gurih dengan tambahan tahu gimbal dan telur.

Sajian tersebut biasanya dinikmati dengan saus cocolan yang khas. Satu porsi hidangan di Tahu Pong Gajah Mada dapat dibeli dengan harga Rp 15.000 - Rp 35.000.

Jam buka Tahu Pong Gajah Mada setiap Senin-Sabtu pukul 11.30-20.00 WIB. Jika tak ingin antre kamu bisa datang pada hari kerja.

12. Nasi Ayam Bu Nyoto

Masih dengan menu nasi ayam, tempat sarapan di Semarang ini berlokasi di Jalan MT. Haryono, Peterongan, Kota Semarang. Buka dari pukul 06.00-09.00 WIB.

Kuliner Semarang yang sudah ada sejak tahun 1970 ini punya lauk pauk yang bervariasi, mulai dari telur bumbu bacem, potongan tahu, suwiran ayam, krecek, dan kuah opor.

Harga yang ditawarkan sekitar Rp 18.000.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com